Berita Hulu Sungai Tengah

Disebut Hanya Kedok, Warga Ingin Penebangan Liar di Pantai Mangkiling Dihentikan

Warga Pantai Mangkiling, anak Desa Datarajab di Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dikabarkan masih berlangsung.

Disebut Hanya Kedok, Warga Ingin Penebangan Liar  di Pantai Mangkiling Dihentikan
istimewa
Peta Pantai Mangkiling di Pegunungan Meratus Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah yang dimiliki warga setempat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Penebangan liar di Pantai Mangkiling, anak Desa Datarajab, di Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dikabarkan masih berlangsung.

Para penebang liar tersebut beralasan menebangi kayu jenis meranti di Hutan Lindung Meratus tersebut untuk membuka ladang, bertanam padi. Padahal, warga setempat menyatakan tak pernah mengutak atik kayu di sana untuk dibisniskan.

“Alasan membuka ladang untuk bertani itu hanya kedok saja. Masih banyak lahan di tempat lain, yang bukan bukan di wilayah sumber mata air yang bisa digunakan untuk berladang. Mereka yang menebang juga bukan warga Mangkiling, tapi dari Desa Papagaran,” ungkap Darsani, tokoh masyarakat setempat kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (20/7/2018).

Baca: Lagi, Supir Taksi Online Kepergok Ambil Penumpang di Bandara Syamsudin Noor

Diakui, beberapa hari lalu, ada rombongan dari Polisi Hutan di Kandangan yang datang ke Pantai Mangkiling.

Mereka kata Darsani datang menggunakan mobil doube garden, namun hanya mengecak alur-alur keluarnya kayu. “Mereka belum ke lokasi penebangan. Padahan saya bersedia menunjukkan lokasi penebangannya, asalkan didampingi kepolisian maupun TNI,”kata Darsani.

Baca: Inspektorat Batola: Kasus Hery Sasmita Biar Polres Dulu Menangani

Sementara itu, Kapolsek Hantakan Iptu Tarjono mengatakan akan menindaklanjuti informasi warga tersebut.

“Saya akan konsultasikan dulu dengan Kasatreskrim. Kami tetap konsisten untuk menindaklanjuti. Tapi harus koordinasi dengan pihak DInas Kehutanan dulu serta pihak Koramil agar pengecekan nanti satu tim,”katanya.

Baca: Tak Live TV! Link Live Streaming Vidio.com PS Tira vs Borneo FC di Liga 1 2018 Malam Ini 18.30 WIB

Seperti diberitakan banjarmasinpost.co.id sebelumnya, warga Pantai Mangkiling dibuat resah maraknya penebangan kayu hutan jenis meranti secara liar, yang dilakukan oleh warga dari luar desa, yang menurut Darsani dari Desa Papagaran. Kayu yag ditebang merupakan meranti ukuran besar dari Mangkiling, selanjutnya didiangkut menggunakan sepeda motor dengan cara diikat di sebelah kanan dan kiri sepeda motor. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved