Berita Hulu Sungai Utara

Enam Rumah di Pelampitan Hilir Terbakar

Warga Desa Palampitan Hilir digegerkan dengan adanya kobaran api yang membakar sebuah rumah,

Enam Rumah di Pelampitan Hilir Terbakar
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Warga Desa Palampitan Hilir digegerkan dengan adanya kobaran api yang membakar sebuah rumah, letaknya yang berada di dekat jalan utama membuat warga yang melintas sontak langsung menghentikan perjalanan dan melihat dahsyatnya kobaran api yang membakar rumah.

Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) HSU langsung berdatangan untuk membantu memadamkan api, cuaca yang sangat panas serta bahan bangunan yang terbuat dari kayu membuat api sangat mudah membesar.

Ida salah satu warga yang rumahnyavtak jauh dari kejadian mengaku sedang berada di warung saat kejadian sekitar pukul 13.30 wita. Dirinya langsung pulang saat melihat ada asap membumbung tinggi disekitar rumahnya. Saat sampai dirumah benar saja api masih terlihat membesar yang jaraknya hanya beberapa rumah dari rumahnya.

Saat itu api sudah mulai membesar di sebuah rumah yang kebetulan pemiliknya merupakan pembuat kasur.

Baca: Lagi, Supir Taksi Online Kepergok Ambil Penumpang di Bandara Syamsudin Noor

"Barang barang dirumahnya seperti kapas memang mudah terbakar, kami langsung membantu tetangga menenangkan pemilik rumah dan menyelamatkan barang bagi pemilik rumah disekitar api, khawatir api tak cepat bisa dipadamkan dan membuat lebih banyak rumah terbakar," ujarnya.

Saat itu anggota BPK tidak mengizinkan banyak warga masuk ke area dekat api karena selain berbahaya juga khawatir mengganggu jalannya upaya pemadaman.

Baca: Head to Head & Prediksi Skor Manchester City vs Borussia Dortmund ICC 2018 Live TVRI, Mahrez Main

Puluhan BPK membantu memadamkan api dari segala arah, Ramadhan salah satu anggota BPK mengatakan jalan dari lampu merah benua lima sempat ditutup dan dialihkan untuk memudahkan armada menuju lokasi. Bagi pemadam yang memiliki tangki air memadamkan dari depan dekat jalan raya. Sedangkan BPK yang portable memadamkan api dari belakang dekat aliran sungai untuk memudahkan mendapatkan sumber air.

Hingga sekitar 30 menit anggota BPK berhasil memadamkan api dan melakukan pembasahan. Dalam musibah kebakaran tersebut ada enam buah rumah yang hangus terbakar.

Baca: Inspektorat Batola: Kasus Hery Sasmita Biar Polres Dulu Menangani

Kepala Desa Palampitan Hilir Muhammad Haris mengatakan enam buah bangunan rumah yang terbakar total dihuni oleh enam kepala keluarga dan 18 jiwa.

Korban kebakaran

- H Fikri 1kk 4 jiwa

- H.Jurmadi Irawan 1KK 2 jiwa 

- HJ Khadijah 1KK 2 JIWA

- Marjuni 1KK 3 Jiwa

- Sri 1KK 4 jiwa

- Rusmawaedah 1KK 3 jiwa 

(banjarmasinpost.co.id/ reni kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved