Berita Kabupaten Banjar

Padamkan Kebakaran Lahan dengan Kopyok Karena Sulit Dijangkau

Cuaca panas beberapa minggu terakhir bahkan terjadi kebakaran dua lokasi dalam sehari di Martapura membuat BPBD

Padamkan Kebakaran Lahan dengan Kopyok Karena Sulit Dijangkau
istimewa
Kebakaran lahan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Cuaca panas beberapa minggu terakhir bahkan terjadi kebakaran dua lokasi dalam sehari di Martapura membuat BPBD Kabupaten Banjar siaga. Hingga Jumat (20/7), titik api masih nampak di beberapa lokasi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, I Nyoman Yudiana yang juga merangkap Plt BPBD Kabupaten Banjar mengatakan, beberapa daerah di Kabupaten Banjar masih rawan titik api. Disebutkannya seperti di Sungai Batang, Sungai Sipai, Tungkaran dan 300 meter dari stadiun Demang Lehman.

Kawasan itu merupakan rawan dan menjadi kendala karena kendaraan roda empat sulit menjangkau lokasi. Bahkan ada yang tidak terjangkau, akhirnya petugas berjalan kaki menuju titik api, kemudian memadamkannya dengan alat sederhana bahkan tradisional yakni biasa disebut kopyok.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) TVRI & INews TV International Champions Cup 2018 (ICC 2018)

“Menjadi kendala itu adalah sulit dijangkau, sehingga petugas kami harus berjalan kaki beberapa ratus meter dan hanya menggunakan kopyok,” katanya.

Saat ini untuk Tim Reaksi Cepat ada 10 orang, didukung tiga unit mobil tangki, satu unit mobil lapangan dan ada kendaraan roda dua trail. Meski demikian, tanpa adanya kerjasama dari masyarakat tentulah armada tersebut belum memadai.

Oleh sebab itulah dirinya meminta kesadaran masyarakat untuk tidak membakar lahan setelah panen. Juga jangan membuang putung rokok sembarangan.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat jangan membakar jerami. Tentunya tumpukan jerami yang dibakar bisa menimbulkan kabut asap pagi harinya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help