Berita Banjar

Pembangunan Drainase Sudah Rusak Pipa PDAM 12 Titik

Pelanggan PDAM Intan Banjar di Kelurahan Guntung Manggis sementara tidak bisa mendapatkan distribusi air bersih,

Pembangunan Drainase Sudah Rusak Pipa PDAM 12 Titik
banjarmasin post group/ hasby suhaily
Tim PDAM Intan Banjar memperbaiki pipa rusak terkena eksavator, Jumat (20/7) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU — Pelanggan PDAM Intan Banjar di Kelurahan Guntungmanggis sementara tidak bisa mendapatkan distribusi air bersih, pasalnya pipa induk terkena eksavator yang melakukan pembangunan drainase di Jalan Trikora Banjarbaru, persisnya Simpang Empat Guntung Manggis, Jumat (20/7) sore.

Air distribusi PDAM mengucur dari pipa yang rusak hingga meluber ke jalan Trikora Banjarbaru. Begitu menerima laporan adanya kerusakan pipa, tim dari PDAM Intan Banjar langsung bergerak menuku ke lokasi.

Bagian Perbaikan Kebocoran Trandis PDAM Intan Banjar, Dwi Handoko mengatakan, mendapat laporan pukul 16.35 wita bahwa saat eksavator bekerja membangun drainase di Jalan Trikora Simpang Empat Guntung Manggis Banjarbaru ternyata mengenai pipa diameter 200 mili.

Baca: Merasa Mendapat Luka Saat di Bandara Syamsudin Noor, Forum Driver Online Lapor ke Polisi

“Mengakibatkan pipa robek dan air distribusi dari PDAM meluber ke Jalan Trikora. Panjang pipa yang rusak sepanjang tiga meter, dan sebesar kulu eksavator,” katanya.

Pihaknya akan melakukan penanganan dengan memotong pipa dan menyambungnya kembali secepat mungkin, agar distribusi kembali normal. Estimasi lama masa perbaikan enam jam sampai 8 jam.

Dijelaskanya, proyek pembangunan drainase tidak hanya di Jalan Trikora ini saja yang merupakan proyek provinsi, tetapi pembangunan drainase juga dilaksanakan dalam Kota Banjarbaru. Pihaknya juga sudah bekoordinasi dengan dinas terkait.

Baca: Kebakaran Lahan Ancam Penghuni Kompleks Perumahan di Desa Lianganggang

Pembangunan drainase khusus dalam kota Banjarbaru yang terkena pipa PDAM ada 12 titik tapi bisa diantisipasi dan aliran distribusi ke pelanggan tidak terhenti.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Muhammad Adi Maulana mengatakan, terkait pekerjaan drainase yang di Guntung Manggis Jalan Trikora merupakan proyek pekerjaan dari dinas PU Provinsi Kalsel.

Sedangkan untuk pekerjaan-pekerjaan di Dinas PU Kota Banjarbaru yang terkena secara tidak sengaja pipa PDAM pada saat penggalian tanah atau saluran. Pihaknya terus berkoordinasi dengan PDAM Intan Banjar, khususny bagian distribusi dan pemeliharaan.

Baca: Sindir Iis Dahlia, Jebolan Indonesian Idol Ini Sebut Rossa Tutup Mata dan Buka Telinga

“Pada saat ada pipa PDAM yang terkena pekerjaan kami, langsung saja baik dari pihak pelaksana pekerjaan maupun kami menghubungi teman-teman dari PDAM Intan Banjar,” jelasnya.

Adapun untuk perbaikan atau relokasi utilitas baik itu pipa PDAM, kabel optik atau kabel tanam listrik maupun tiang telpon atau PLN ada dianggaran secara khusus di Dinas PUPR Kota Banjarbaru.

Namun selama ini hanya dari pihak PLN yang meminta ganti rugi, sedangkan dari Telkom maupun PDAM selama ini tidak meminta ganti rugi. Anggaran relokasi utilitas disiapkan total sebesar Rp 500 juta. (banjarmasinpost.co.id/Hasby suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help