Berita Tanjung

Tabalong Etnik Festival VII Kembali Digelar Suguhkan Pertunjukan Tari di Goa Liang Tapah

Event tahunan Tabalong Ethnic Festival (TEF) hasil inisiasi Perkumpulan Pusaka, kembali akan dilaksanakan untuk ketujuh kalinya.

Tabalong Etnik Festival VII Kembali Digelar Suguhkan Pertunjukan Tari di Goa Liang Tapah
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Event tahunan Tabalong Ethnic Festival (TEF) hasil inisiasi Perkumpulan Pusaka, kembali akan dilaksanakan untuk ketujuh kalinya.

TEF VII ini direncanakan akan berlangsung 21-29 Juli 2018 dengan lokasi utama dipusatkan di Tanjung Expo Center, Mabuun, Tabalong.

Seperti kegiatan yang telah digelar di tahun-tahun sebelumnya, selain even utama berupa Tabalong Ethnic Carnival, pihak pelaksana selalu memunculkan sesuatu yang baru dalam tiap tahunnya.

Kali ini yang menjadi pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya adalah adanya beberapa pertunjukan atau even yang digelar langsung dari tempat obyek wisata.

Baca: Satpol PP Razia Kolong Jembatan, Ya Allah Ada Bayi Tiga Bulan, Kisah Sang Ibu Sungguh Pilu

Menurut Direktur Perkumpulan Pusaka, Firman Yusi, Jumat (20/7/2018), tema TEF VII secara keseluruhan adalah Gerbang Pariwisata Tabalong.

"Dengan format sekarang, TEF tidak hanya mengenalkan seni budaya, namun mengaitkannya dengan obyek wisata, " katanya.

Untuk itulah pada gelaran TEF VII tahun 2018 ini ada sesuatu yang baru yakni menggelar even di lokasi obyek wisata.

Baca: Sindir Iis Dahlia, Jebolan Indonesian Idol Ini Sebut Rossa Tutup Mata dan Buka Telinga

"Yang paling baru di TEF VII 2018 itu adalah Karasmin on Location," ungkapnya.

Karasmin on Location ini, imbuhnya, merupakan pertunjukan yang di setting untuk mempromosikan obyek wisata.

Ada tuga lokasi wisata yang dipilih menjadi tempat pertunjukan, yakni di Liang Tapah, Kecamatan Jaro, Masjid Pusaka Banualawas, Kecamatan Banualawas dan Gunung Sialing kecamatan Haruai.

Baca: Raih Medali Emas, Tiga Atlet Judo Asal HST Ini Harus Berjuang dengan Keterbatasan Dana

Untuk di obyek wisata Liang Tapah diisi dengan pertunjukan yang dinamai "Spirit of the Cave", berupa pertunjukan tari dengan memanfaatkan ruang goa dan keunikannya sebagai panggung pertunjukan tari.

Di Masjid Pusaka Banua Lawas yang merupakan masjid berusia lebih dari 3 abad yang menjadi saksi sejarah berkembangnya peradaban Islam di Tabalong ini akan diisi dengan kegiatan budaya "Batamat", acara yang digelar sebagai penanda seseorang sudah mengkhatam-an bacaan Quran-nya.

Baca: Mau Ngopi Sembari Dengarkan Musik Jazz? Ini Tempatnya di Banjarmasin

Sedangkan di Gunung Sialing, akan ada acara yang diberi judul Legenda Dayak Deah, sekaligus pencanangan Kampung Merah Putih. Kegiatan ini bercerita tentamh budaya bertani orang Dayak Deah yang diisi pula dengan pertunjukan tari dayak.

"Tahun ini juga ada kegiatan baru berupa kunjungan fotografer ke Pasar Tradisional dengan mengambil Pasar Pamarangan sebagai obyeknya," katanya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved