Ekonom dan Bisnis

Pangkas Tarif Pajak UMKM, Pemerintah Harapkan Pelaku UMKM Aktif Bayar Pajak

Topik seputar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus menjadi perhatian pemerintah untuk berdayakan dan maksimalkan

Pangkas Tarif Pajak UMKM, Pemerintah Harapkan Pelaku UMKM Aktif Bayar Pajak
banjarmasinpost.co.id/acm
Kepala Kanwil DJP Kalselteng Imam Arifin usai sosialisasikan Tarif Pajak Baru UMKM 0,5 persen 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Topik seputar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus menjadi perhatian pemerintah untuk berdayakan dan maksimalkan peran UMKM bagi perekonomian.

Paling baru, Pemerintah sahkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 terkait pemangkasan tarif pajak UMKM menjadi 0,5 persen.

Dijelaskan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJP Kalselteng), Imam Arifin, secara nasional UMKM sumbang 50 persen PDB Indonesia.

Baca: Postingan HOAX Dukungan Jokowi Jadi Presiden 2 Periode Beredar, Ustaz Abdul Somad Minta Bukti

Dari total PDB Tahun 2017 kurang lebih Rp 13.500 triliun, sektor UMKM berperan besar sekitar Rp 6700 triliun lebih.

"Walaupun secara individu kecil-kecil dibanding konglomerat yang asetnya besar-besar, tapi UMKM secara umum mampu men-drive ekonomi. Sedemikian penting UMKM bagi perekonomian kita," kata Imam.

Baca: Untuk Para Driver Ojek Online Waspada di Jalur Ini Ya, Rawan Begal

Karena itu, dengan pangkas tarif pajak UMKM, Pemerintah berharap pelaku UMKM bisa lebih aktif dan disiplin menyetorkan pajaknya.

Dalam PP Nomor 23 Tahun 2018, diatur wajib pajak (WP) baik perorangan, badan usaha atau koperasi yang bisa nikmati tarif pajak 0,5 persen yaitu miliki peredaran bruto di bawah Rp 4,8 miliar setahun.

Tarif baru pajak UMKM 0,5 persen yang diluncurkan sengan tagline Setengah Persen, Sepenuh Hati ini akan mulai di terapkan Rabu (1/8/2018).

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved