Berita Banjarmasin

Pemilihan Rektor ULM Ditunda, Ternyata Bakal Digelar di Banjarmasin Bukan di Jakarta

Berdasarkan hasil konsultasi dengan bu Tri dari Biro SDM Kemristekdikti, Rabu (11/7/2018) lalu, proses rekam jejak

Pemilihan Rektor ULM Ditunda, Ternyata Bakal Digelar di Banjarmasin Bukan di Jakarta
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Mahasiswa ULM bertanya pada sesi tanya jawab di penyampaian Bakal Calon Rektor ULM, Prof HM Hadin Muhjat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemilihan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang dijadwalkan Jumat (20/7/2018) dipastikan molor sampai ada hasil dari Kemenristekdikti untuk dilakukan pemungutan suara di Kota Banjarmasin.

Ketua Pelaksana Pemilihan Rektor ULM, Dr Drg Rosihan Adhani dihubungi BANJARMASINPOST.CO.ID, Jumat (20/7), menjelaskan hingga saat ini masih belum menerima surat dari Kemenristekdijti terkait hasil rekam jejak calon rektor ULM.

"Berdasarkan hasil konsultasi dengan bu Tri dari Biro SDM Kemristekdikti, Rabu (11/7/2018) lalu, proses rekam jejak terhadap tiga calon rektor masih berjalan dan belum selesai. Sehingga rencana rapat senat ULM tanggal 20 Juli untuk Pemilihan Rektor belum dapat dilaksanakan," kata Drg Rosihan Adhani.

Baca: Lulusan D3 dan SMA Wajib Siapkan 6 Dokumen Ini untuk Pendaftaran CPNS 2018, LINK SSCN.BKN.GO.ID

Menurutnya, nanti akan ada surat resmi dari Kemenritekdikti untuk itu." Kami masih menunggu," kata dia.

Dia meluruskan bahwa untuk pemilihan itu nantinya tim kemenritek dikti akan turun ke Kalsel melakukan pemilihan. "Jadi pemilihan rektornya nya bukan di Jakarta ya, nanti tim kementerian ada yang ditugaskan ke Kalsel memilih," kata Rosihan.

Baca: Ramai Menghujat Iis Dahlia, Terkait Peserta KDI, Faktanya Seperti Langit dan Bumi, HOAX vs Fakta!

Diulasnya, bahwa proses rekam jejak yang tengah dilangsungkan oleh Kementerian itu, berdasarkan Permenristekdikti 19/2017, dari
Pasal 8, di mana dijelaskan bahwa Menteri melakukan penelusuran rekam jejak calon Pemimpin PTN.

"Penelusuran rekam jejak sebagaimana dimaksud, dilakukan melalui koordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan dan/atau lembaga/instansi pemerintah lainnya," ulasnya.

Jika kemudian dalam hal terdapat calon Pemimpin PTN yang memiliki rekam jejak tidak baik, dilakukan proses penjaringan ulang dan atau penyaringan ulang.

"Calon Pemimpin PTN yang memiliki rekam jejak tidak baik maka tidak dapat mengikuti proses penjaringan dan penyaringan ulang," runutnya.

Lantas kapan pemilihan rektor pastinya? Menurut Rosihan lebih cepat lebih baik. "Karena rektor yang ada sampai tanggal 18 September. Jadi sebelum itu harus selesai dilakukan pemilihan. Kita tunggu saja nan ti kepastian pelaksanaan pemilihannya," kata Rosihan Adhani.

Sebekumnya, Pascarapat Senat Tertutup yang dilakukan oleh Senat ULM untuk voting calon rektor, tiga nama akhirnya terpilih dari empat nama bakal calon rektor ULM.

Tiga calon Rektor ULM:
1. Rektor ULM Sutarto Hadi
2. Dekan Fakultas Kedokteran Prof Dr Zairin Noor
3. Ketua Program Magister Ilmu Hukum Prof Dr HM Hadin Muhjad.

(banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help