Kuliner Tanahlaut

Tetal Kuah Haruan Diklaim Kuliner Identitas Lokal Tanahlaut

Kuliner khas Tanahlaut itu belum dipasarkan secara umum, seperti warung ketupat kandangan atau soto Banjar atau Nasi Itik Gambut.

Tetal Kuah Haruan Diklaim Kuliner Identitas Lokal Tanahlaut
mukhtar wahid
Tetal Kuah Haruan adalah nama makanan khas identitas lokal Kabupaten Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tetal Kuah Haruan adalah nama makanan khas identitas lokal Kabupaten Tanahlaut. Disajikan dalam acara tertentu, misalnya saat bergotong royong mendirikan tenda pernikahan, menyiapkan kantong parkir dan jamuan setelah rapat panitia pelaksana.

Kuliner khas Tanahlaut itu belum dipasarkan secara umum, seperti warung ketupat kandangan atau soto Banjar atau Nasi Itik Gambut.

Tetal Kuah Haruan itu masih dalam proses pembuatan identitas geografik sebagai kuliner Tanahlaut. Itu sama dengan identitas geografik Ketupat Kandangan yang menjadi makanan khas Kabupaten Hulu Sungai, ungkap Sirajuddin.

Baca: LIVE STREAMING Barito Putera vs Persib Bandung Liga 1 2018 - Link Live Streaming Indosiar Vidio.com

Sirajuddin, adalah tokoh masyarakat di Kelurahan Angsau yang kegiatannya memberika pelatihan bagi kalangan UMKM di Kabupaten Tanahlaut.

Ia mengaku sekitar 200 porsi Tetal Kuah Haruan itu disajikan bagi pengunjung dalam Festival Kiram dan grandfinal Putri Pariwisata Kalsel, belum lama ini.

Baca: Link Pengumuman Ujian Jalur Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (UNDIP), Klik di Sini

Tetal Kuah Haruan, terdiri dari ketan yang diberi kuah. Kuah itu mirip kuah kare warna coklat bercampur daging ikan haruan tanpa tulang. Ada tumis sayur terdiri irisan jagung muda, kacang panjang dan pepaya muda.

Sirajuddin mengaku tradisi menyajikan makanan Tetal Kuah Haruan itu masih dibudayakan masyarakat di Desa Pemalongan, Kecamatan Bajuin dan sebagian di Kelurahan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut.

Pemerintah Kabupaten Tanahlaut melalui Dinas Pariwisata sudah menyajikan makanan Tetal Kuah Haruan itu dalam setiap momen kegiatan massal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut.

Tetal Kuah Haruan itu juga menu wajib mengisi stand pameran Kabupaten Tanahlaut di luar daerah dan tidak lama lagi akan diluncurkan sebagai makanan khas Tanahlaut.

"Tinggal menyiapkan lokasi tempat berjualan. Rencananya di Taman Mina Tirta agar masyatakat Tanahlaut dan sekitarnya berwisata dapat mengenal dan membudayakan kuliner Tanahlaut," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help