Berita Banjarmasin

Ini Sebabnya Kenapa Goa di Tanbu Ini Dinamakan Liang Bangkai

Goa Liang Bangkai berupa perbukitan dan memiliki keunikan didalamnya di mana goa sesuai dengan namanya Liang Bangkai

Ini Sebabnya Kenapa Goa di Tanbu Ini Dinamakan Liang Bangkai
istimewa
Pengunjung berfoto di Goa Liang Bangkai di Kabupaten Tanahbumbu.

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Bidang Destinasi Parawisata kembali mengadakan kegiatan Pemberdayaan Pemandu Wisata Lokal tahun 2018.

Kegiatan kali ini mengangkat tema Workshop "Mewujudkan Masyarakat Sebagai Aktor Pariwisata. Menariknya lagi, tempat acara di tempat obyek wisata di Goa Liang Bangkai, Desa Dukuh Rejo kecamatan Mantewe Kabupaten Tanahbumbu, Senin (23/7/2018).

Goa Liang Bangkai adalah salah satu goa terunik yang ada di pelosok Kalimantan dan merupakan salah satu objek wisata andalan yang ada di Kabupaten Tanahbumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

Objek wisata Goa Liang Bangkai ini terletak 39 Km dari pusat Kota Batulicin dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan darat. Goa Liang Bangkai ini berada di daerah Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mantewe.
Pemateri diacara yang dihadiri sekitar 50 pemandu lokal, tersebut adalah Aristo R Waney, managing director A Hospitality Solution atau Pelayanan Prima.

Baca: Bukan Rendang Koalisi, Tapi Ini Menu Makan Malam Presiden Jokowi dengan 6 Ketua Parpol Pendukung

Menurut Aristo R Waney, menekankan pelayanan Prima Pemandu Wisata, penangan touris yang baik dan benar sesuai dengan kearifan lokal.

"Ini sesuai dengan tempat tujuan wisata di Gua Liang Bangkai," tandas dia.

Sementara pengisi materi kedua Muhammad Isra Anwar S.I.Kom dari Vice Public Relation Sahabat Beasiswa Pusat Nasional mengungkapkan, masyarakat lokal harus bisa menceritakan dan membuat histori atau sejarah Goa Liang Bangkai lebih menarik dan unik, sehingga wisatawan sangat tertarik mengunjungi atau mendatanginya.

Baca: Disdik Kumpulkan Kepala dan Pengawas SMPN se Tanahlaut, Sukamta Pamitan

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Kalimantan Selatan, Ida Saptika Dewi SE MM, mengungkapkan kegiatan dilaksanakan di objek wisata agar lebih meefisiensi anggaran.

"Dan kita bisa langsung simulasi sebagai pemandu wisata, bagaimana teknik guiding yang tepat sangat diperhatikan dalam kegiatan ini," katanya.

Dia menambahkan, Goa Liang Bangkai berupa perbukitan dan memiliki keunikan didalamnya di mana goa sesuai dengan namanya Liang Bangkai yang berbau bangkai dan banyak terdapat kelelawar di dalamnya.

Di dalam goa tersebut terdapat danau kecil dimana airnya sangat jernih sekali. Menurut sejarah, Goa Liang Bangkai ini juga pernah di huni manusia prasejarah sekitar 3.000 SM untuk tempat tinggal hal ini dibuktikan dengan ditemukannya artefak sisa makanan berupa cangkang kerang, pecahan batu sisa alat rumah tangga, dan artefak kerangka tulang manusia purba. Selain itu ditemukan juga artefak berupa lukisan purba di dalam dinding goa Liang Bangkai tersebut.

Selain Goa Liang Bangkai terdapat beberapa goa di sekitarnya yaitu goa tujuh pintu, goa kelelawar, goa batumuda, goa candi, goa putri, goa sugung dan banyak lagi
Bilamana suatu objek yang jauh letaknya maka sekarang dipermudah dengan adanya nomadic tourism. Nomadic tourism merupakan suatu bentuk amenitas yang menunjang pariwisata dalam keadaan apapun sebagai contoh adanya Glamping. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Sofyar Redhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved