Home »

News

» Sains

Kunyit Ternyata Mampu Obati Jerawat, Begini Cara Mengolahnya

Kunyit tak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit juga dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit.

Kunyit Ternyata Mampu Obati Jerawat, Begini Cara Mengolahnya
intisari online
kunyit 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kunyit termasuk salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit juga dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit.

Penggunaan kunyit pada banyak produk kecantikan seperti masker diklaim mampu membantu mengatasi jerawat. Namun, benarkah penggunaan kunyit untuk jerawat terbilang ampuh?

Kunyit merupakan tanaman asli Asia yang memiliki warna khas yakni kuning-oranye. Dalam pengobatan India maupun Tiongkok, kunyit banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dari mulai gangguan pencernaan hingga radang sendi.

Baca: Selama 2 Tahun Suaminya Dipenjara, Hal Ini yang Dilakukan Inneke Saat Berkunjung ke Lapas Sukamiskin

Meskipun kunyit termasuk salah satu obat herbal yang paling banyak diteliti, tetapi masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan untuk melihat kandungan kunyit beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk jerawat. Apakah ampuh menggunakan kunyit untuk jerawat?.

Dalam hal mengatasi jerawat, kunyit termasuk salah satu bahan alami yang cukup dikenal dan dipercaya ampuh untuk masalah kulit yang satu ini.

Kandungan kurkumin sebagai zat antiradangnya dipercaya berperan penting dalam mengusir jerawat. Jerawat yang meradang disebabkan oleh bakteri Propionibacteria acnes (P. acnes).

Baca: Pendaftar CPNS 2018 Wajib Selfie Saat Masukkan Data, Simak Penjelasan Badan Kepegawaian Negara

Baca: Penerimaan CPNS 2018, Berikut Formasi Yang Dibutuhkan Pemerintah

Dikutip dari Verywellhealth, penelitian yang dilakukan di laboratorium pada kulit hewan, kurkumin memang mampu membunuh bakteri P. acnes jauh lebih baik dibandingkan dengan obat jerawat asam azelaic.

Namun, karena penelitian dilakukan pada kulit hewan maka tidak selalu berarti hal yang sama juga akan terjadi jika diterapkan pada kulit manusia.

Untuk itu, masih dibutuhkan berbagai p

Baca: Jokowi Ungguli Prabowo Subianto Saat Rakorda Partai Demokrat

enelitian lanjutan yang meneliti khusus efek kunyit pada kulit manusia untuk memerangi bakteri penyebab jerawat.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli Nanti, Berikut Fakta yang Jarang Diketahui.

Halaman
123
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help