Yayasan Adaro Bangun Negeri

Memproyeksikan Masa Depan Melalui Pendidikan Karakter

Finlandia, negara yang menerapkan pembelajaran lebih banyak dengan metode bermain dibanding pembelajaran kelas. Dan disebut sebagai yang terbaik.

Memproyeksikan Masa Depan Melalui Pendidikan Karakter
istimewa/YABN

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Usia 0-6 tahun sering disebut sebagai masa emas bagi tumbuh kembang seorang anak.

Pada masa ini nutrisi dan stimulasi yang diberikan sangat berpengaruh pada kreativitas, perilaku hingga kecerdasan anak pada masa mendatang.

Otak anak ibarat spons yang dapat menyerap stimulus yang dapat menerima apapun dengan mudah, segala yang didengar dan dilihat akan melekat dan tertanam dalam ingatan anak hingga dewasa, oleh sebab itu di masa inilah watu terbaik kita dalam menanamkan nilai-nilai positif dalam diri anak.

Pendidikan anak usia dini menjadi suatu hal yang begitu penting untuk diperhatikan terutama bagi orang tua.

Finlandia, negara yang menerapkan pembelajaran lebih banyak dengan metode bermain dibanding pembelajaran kelas ini disebut sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik saat ini.

Sekolah-sekolah dasar di Finlandia tidak memberikan pekerjaan rumah dan ujian nasional bagi siswanya.

Hari Anak Nasional
Hari Anak Nasional (istimewa/yayasan anak bangun negeri)

Pengembangan kepribadian siswa lebih diutamakan sehingga lebih banyak waktu bagi siswa untuk mengenal kehidupan sosial, serta mengutamakan kualitas pengajaran dibanding lama berlajar di kelas.

Menterengnya sistem pendidikan di Finlandia berbanding lurus dengan minimnya tingkat pelanggaran hukum di negara tersebut, Institute for Economics and Peace (IEP) pernah merilis daftar negara dengan tingkat keamanan terbaik untuk ditinggali, Finlandia masuk kedalam daftar 10 besar.

Negara yang memiliki populasi tidak lebih dari setengah populasi masyarakat Jakarta ini sangat minim dengan tindak kejahatan.

Pendidikan karakter di usia dini menjadi sebuah kebutuhan mendasar untuk dipenuhi, tingginya tingkat SDM dan minimnya kasus pelanggaran hukum tidak terlepas dari pendidikan yang baik terutama pendidikan karakter disuatu negara.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help