Berita Banjarmasin

Semangat Kurang, 20 Persen Wirausaha Baru di Banjarmasin Gulung Tikar

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenanga Kerja Banjarmasin, Priyo Eko mengatakan, jika tak kurang dari 20 persen pelaku

Semangat Kurang, 20 Persen Wirausaha Baru di Banjarmasin Gulung Tikar
Banjarmasin Post Group
Display produk UMKM di Giant Ekstra, Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenanga Kerja Banjarmasin, Priyo Eko mengatakan, jika tak kurang dari 20 persen pelaku wirausaha baru (WUB) gulung tikar.

Penyebabnya beragam, mulai dari tak mampu bayar sewa hingga tak cocok dengan sesama anggota kelompok. Akar persoalannya, ditengarai karena semangat calon wira usahawan baru yang lemah duluan.

"Sudah dilatih dan bakal dimodali. Eh, malah nggak ada kabar. Alasan paling sering itu, gak ada modal" sebut Eko.

Menurutnya, Langkah pemko untuk menggenjot wirausawan baru dianggapnya sudah maksimal. Tak hanya memberikan pelatihan tetapi juga modal. Contohnya, untuk pelatihan menjahit setiap orang dimodali 7,5 jua per orang. Setiap kelompok terdiri dari lima orang.

Baca: Empat Pejabat Eselon II Kota Banjarmasin Bakal Pensiun

Artinya, jika satu orang diberi modal 7,5 juta maka untuk satu kelompok pemko harus mengeluarkan anggaran Rp 37,5 juta belum potong pajak PPN PPH. Namun, anggaran itu tak murni untuk modal saja. Anggaran program pelatihan juga dari sana.

"Untuk satu kelompok menjahit diberikan modal dua mesin jahit dan satu mesin obras. Termasuk modal tambahan sewa tempat bagi pelaku usaha jasa. Menjahit ini kan jasa, sewa kami berikan satu tahun dengan anggaran maksimal Rp 12 juta," bebernya.

Baca: Sejak Pakai Hijab Jesica Tambah Cantik dan Job Nyanyi Tambah Lancar

Mengacu data Dinas UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, sudah ada sekitar 720 wira usahawan Kota Banjarmasin yang sudah dibekali dengan pelatihan. Ini bekerja sama dengan, tujuh SKPD lainnya yang berada dalam domain Kelompok Kerja WUB Kota Banjarmasin.

"Itu yang diberi pelatihan. Namun, yang benar-benar mandiri dalam data kami hanya 175 orang. Semangatnya kurang sekali," keluh Eko. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved