Berita Banjar

KPU Benarkan Ada Nama Anggota DPRD Banjar Pindah Partai

Saat melaksanakan tahapan verifikasi daftar caleg sementara, beberapa nama anggota DPRD Kabupaten Banjar pindah partai.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - KPU Kabupaten Banjar melaksanakan tahapan verifikasi daftar caleg sementara. Dalam proses itu, beberapa nama anggota DPRD Kabupaten Banjar dalam Bacaleg 2019 pindah partai.

Ketua KPU Banjar, Muhaimin didampingi Anggota Teknis KPU Banjar, M Zain membenarkannya. Ada anggota DPRD Banjar yang diketahui pindah ke partai lain dalam Bacaleg 2019.

Namun dirinya enggan berkomentar banyak karena masih dalam proses. Keduanya justru mempersilakan mengonfirmasi kepada partai yang bersangkutan.

Baca: Polisi HSS : Jangan Buka Lahan Dengan Membakar

Diketahui anggota DPRD Banjar yang dalam DCS pindah partai adalah, Kasmili di Partai Berkarya, Derwana Fermei Golles di Partai Nasdem, Mardani di Partai Nasdem dan Jihan Hanifa di Gerindra, Farhat Mubarak di PKS.

“Iya benar, memang demikian, tetapi semua khan masih berproses. Kami tidak berani menyebutkan karena memang masih dalam tahapan-tahapan dan ini belum DCT,” tegas Muhaimin diamini M Zain, Selasa (24/7).

Baca: Cek di Link Ini, Pengumuman Soal Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2018, Terkait Tanggal dan Formasi

Muhaimin menambahkan, hasil perbaikan sementara jumlah pendaftar 581, keterwakilan perempuan di masing-masing Dapil juga sudah terpenuhi antara 33 persen sampai dengan 50 persen.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar, Saidan Fahmi mengatakan, hingga saat ini baru menerima surat pemberitahuan atau pengunduran diri seorang anggota bernama Jihan Hanifa. Selebihnya seperti nama-nama yang dikabarkan pindah ke partai lain dalam Pileg 2019 belum ada pemberitahuan atau pengajuan penjunduran diri yang bersangkutan.

“Baru Jihan Hanifa yang menyampaikan secara tertulis dan sedang diproses PAW,” katanya.

Baca: Kejaksaan Tinggi Kalteng Pulihkan Uang Negara Capai Rp 8 Milliar Lebih

Dirinya berharap agar segala proses dan mekanisme pancalegan bagi yang pindah partai disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada diantaranya PKPU No 20 tahun 2018 dan Tata Tertib DPRD Kabupaten Banjar.

Merujuk pada pasal 99 ayat satu menyebutkan, anggota DPRD berhenti antar waktu karena meninggal dunia, mengundurkan diri, diberhentikan. Ayat dua menyebutkan, mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 ditandai dengan surat pengunduran diri dari yang bersangkutan, mulai berlaku terhitung sejak tanggal ditandatangani surat pengunduran diri.

Baca: Gerhana Bulan Total Diprediksi 28 Juli 2018, Sebelum Kiamat Terjadi Gerhana, Ini Anjuran Rasulullah

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar, Rizanie Anshari ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa Derwana Fermei Golles dan Mardani masuk dalam DCS Partai Nasdem. Tetapi pihaknya tidak bisa memastikan apakah apakah keduanya sampai waktu yang ditentukan melengkapi administrasi.

Dijelaskannya, proses syarat masuk bacaleg Nasdem harus melengkapi administrasi yang memenuhi syarat dan kalau tidak lengkap pasti dianggap tidak memenuhi syarat.

“Nasdem menerima siapapun yang bacaleg asal memenuhi syarat KPU dan ketentuan partai,” tegas Rizanie. (banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved