Berita HSS

Polisi HSS : Jangan Buka Lahan Dengan Membakar

Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten HSS.

Polisi HSS : Jangan Buka Lahan Dengan Membakar
istimewa
Polres HSS Sosialisasi Karhutla 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten HSS.

Berbagai cara dilakukan mulai dari memasang spanduk, himbauan kepada masyarakat hingga terjun langsung ke lapangan untuk memantau titik api.

Tidak hanya sampai disitu, anggota Polres HSS juga selalu siap membantu saat ada kebakaran hutan dan lahan terjadi.

Kabagops Polres HSS Kompol Heri Munanto mengatakan bahwa sosialisasi waspada dan pencegahan Karhutla terus dilakukan.

Baca: Kejaksaan Tinggi Kalteng Pulihkan Uang Negara Capai Rp 8 Milliar Lebih

"Mulai dari pengumuman hingga himbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," katanya, Selasa, (24/7).

Selain itu warga HSS juga dilarang dan diingatkan agar tidak membuang putung rokok sembarangan. Sebab, bisa memicu terjadinya kebakaran.

"Bila ada yang sengaja melakukan pembakaran lahan maka akan dilakukan penindakan hukum. Untuk itu sosialisasi terus kita lakukan," lanjutnya.

Baca: Pasar Motor Sport Masih Bergairah

Pihaknya juga terus berkoordinasi baik dari Polsek-polsek yang tersebar di Kabupaten HSS dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah, pihak camat dan semua pihak terkait yang ikut mencegah Karhutla.

Sebelumnya, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten HSS mulai terjadi. Sumber titik api bahkan mulai meresahkan warga.

Seperti di Wilayah Nagara yang meliputi tiga kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara mulai ada beberapa titik sumber api.

Lokasi terbakarnya merupakan semak belukar dan beruntung masih jauh dari kawasan pemukiman penduduk. Namun, kondisi itu tetap menjadikan warga kuatir dan was-was bila karhutla menjalar hingga ke pemukiman penduduk.

Baca: Cek di Link Ini, Pengumuman Soal Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2018, Terkait Tanggal dan Formasi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol HSS) Efran mengatakan bahwa timnya selalu monitoring dan stand by di posko dan di lapangan untuk antisipasi Karhutla.

Pihaknya terus menghimbau kepada semua pihak terkait untuk terus waspada dan mencegah terhadap sumber api dan karhutla di wilayah HSS.
"Perlu kerja sama semua pihak untuk ikut mencegah Karhutla di HSS. Sehingga meminimalisir terjadinya Karhutla," lanjutnya.

Masyarakat HSS yang mengetahui adanya sumber api bisa segera melaporkan ke pihak Kesbangpol HSS sehingga sumber api bisa segera ditanggulangi dan dipadamkan. Agar tidak sampai meluas lokasi sumber api.

(banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help