B Focus Economic

Sebagai Pemula, Dua ASN ini Pilih Investasi di Tiga Sektor Ini

Menjadi investor RHB Sekuritas Banjarmasin sejak April 2018, Syahrani masih memilih emiten-emiten yang familiar baginya.

Sebagai Pemula, Dua ASN ini Pilih Investasi di Tiga Sektor Ini
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjadi investor RHB Sekuritas Banjarmasin sejak April 2018, Syahrani masih memilih emiten-emiten yang familiar baginya.

"Ada banyak sektor di pasar modal, karena belum paham semuanya, sekarang fokus investasi di sektor perbankan dan consumer goods yang sedikit-sedikit paham dan pakai produknya," kata Syahrani.

Dari sektor saham tersebut, ia sering masukkan modal investasinya di saham perbankan dan consumer goods populer seperti saham PT Bank Central Asia (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Persero (BBRI) dan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Baca: Kumis Tipis Iis Dahlia Sering Disindir Warganet, Berikut 5 Fakta Kumis Pada Perempuan.

"Karena masih belajar, setiap hari ada untung rugi seperti halnya berdagang, tapi secara umum nilainya sudah melebihi modal," terangnya.

Ikhsan, ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru, juga tergolong baru menjadi investor pasar modal yakni sejak Desember 2017.

Baca: Penerimaan CPNS 2018 Akhir Juli 2018, Ini Pernyataan Resmi dan Imbauan BKN untuk Pendaftar  

"Kemarin baru masuk sebagai investor sudah diajak roller coaster IHSG sempat merah dan hijau jadi dipaksa harus jeli dan melek terus akan perekonomian dunia," kata Ikhsan.

Sama seperti Syahrani, Ikhsan belajar membatasi risiko dan memaksimalkan keuntungan dari investasi pasar modal dengan masuk ke emiten yang dikenal secara fundamental.

Baca: Gerhana Bulan Total Diprediksi 28 Juli 2018, Sebelum Kiamat Terjadi Gerhana, Ini Anjuran Rasulullah

Mengetahui tren dan hal apa saja yang mempengaruhi langsung bisnis si emiten menurutnya adalah hal vital bagi setiap investor.

Selain dibantu para analis menentukan pilihan pembelian, Ikhsan juga aktif mempelajari laporan keuangan dari para emiten yang akan dipilihnya sebagai wadah investasi.

Mengikuti tren sektor pertambangan yang saat ini sedang menanjak, Ikhsan mengaku pilih saham di sektor ini seperti saham PT Aneka Tambang (ANTM), PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT Harum Energy Tbk (HRUM) sebagai pengisi portofolionya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved