Berita Banjarmasin

Vaksinasi MR untuk Cegah Campak, Jika Terjadi Pada Ibu Hamil Jabang Bayi Bisa Lahir Cacat

Gejalanya demam, bercak merah pada kulit, mata merah. Penyakit menular ini bisa juga dialami ibu hamil.

Vaksinasi MR untuk Cegah Campak, Jika Terjadi Pada Ibu Hamil Jabang Bayi Bisa Lahir Cacat
liberationnews.org
Ilustrasi 

BANJARMASIN POST.CO.ID-BANJARMASIN - Campak atau measles bisa menyerang anak usia 3 tahun hingga dibawah 15 tahun. Gejalanya demam, bercak merah pada kulit, mata merah. Penyakit menular ini bisa juga dialami ibu hamil.

“Kalau ibu hamil terserang penyakit ini bisa membahayakan bayi dalam kandungan. Bahkan ada bayi yang lahir cacat karena sang ibu saat hamil kena virus tersebut,” ucap Muslim selaku Kadinkes Kalsek.

Atas dasar itulah pihaknya memandang perlunya imunisasi MR agar membentuk kekebalan tubuh anak. ”Target kita 2020 Kalsel sudah bebas campak,” harap Muslim.

Ia berharap orangtua bisa menyambut baik program imunisasi MR di daerah ini. Pihaknya pun menjamin vaksin ini aman dan 100 persen halal.

”Jadi jangan dikhawatirkan imunisasi yang akan dilakukan buat anak nantinya,” jelasnya.

Baca: Cara Pendaftaran CPNS 2018 yang Akan Dibuka Akhir Juli 2018, Mulai Login Sampai Cetak Kartu

Untuk memuluskan program nasional ini, dinas kesehatan lewat sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kalsel menyiapkan anggaran kurang lebih Rp600 juta.”Karena ini program nasional, vaksin disiapkan pemerintah pusat. Bahkan pemerintah kabupaten/kota tak sekadar mendukung program ini,” urainya.

Sekda Prov Kalsel, Abdul Haris Makkie mendukung untuk pelaksanakan imunisasi tersebut, bahkan nanti akan dibuat edaran Gubernur jika perlu untuk ke Bupati Walikota 13 Kabupaten kota juga sama mensukseskan vaksinasi tersebut.

"Jelas Pemprov Kalsel mendukung penuh kegiatan dengan target 1,12 juta Jiwa anak.”Kita akan pasang baliho atau sejenisnya pada setiap kawasan, termasuk di daerah terpencil,” kata Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie.

Dia mengajak masyarakat membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan setempat untuk mendapatkan suntikan vaksin campak dan rubella yang belum ditermukan obarnya ini.“Jangan takut anaknya diimunisasi,” ujar Haris. (Banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help