Ekonomi dan Bisnis

KPw BI Kalsel Akan Gelar Pekan GPN & Layanan Perbankan Kalsel, Nasabah Bisa Tukar Kartu GPN

Tindaklanjuti program nasional Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kantor Perwakilan Bank Indonesia

KPw BI Kalsel Akan Gelar Pekan GPN & Layanan Perbankan Kalsel, Nasabah Bisa Tukar Kartu GPN
ant via kompas.com
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo (kedua kiri) dan Menkeu Sri Mulyani (kanan) meresmikan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (4/12). BI resmi meluncurkan sistem GPN dengan tujuan menyatukan berbagai sistem pembayaran milik berbagai bank yang berbeda. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tindaklanjuti program nasional Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Kalsel (KPw BI Kalsel) akan gelar Pekan GPN & Layanan Perbankan Kalsel.

Pekan GPN & Layanan Perbankan Kalsel yang didukung berbagai perbankan umum di Kalsel ini akan digelar di dua lokasi berbeda yaitu di Taman Kamboja dan Siring Piere Tendean.

Kegiatan akan dimulai pukul 15.00 hingga 18.00 pada Senin (30/7/2018) hingga Selasa (31/7/2018) di Taman Kamboja.

Baca: Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan - Jelang Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Sedangkan untuk di lokasi Siring Piere Tendean digelar di waktu yang sama pada Rabu (1/8/2018) hingga Kamis (2/8/2018).

Dijelaskan Manager Humas KPw BI Kalsel, Abdul Haris, nasabah perbankan umum di Kalsel bisa menukarkan kartu debet perbankannya dengan kartu baru berlogo GPN.

Kartu GPN bisa digunakan di seluruh fasilitas ATM maupun mesin electronic device capture (EDC) dari bank manapun di Indonesia yang sudah berlogo GPN.

Baca: Seleksi Penerimaan CPNS 2018, BKN Bahas Mekanisme, Ini Imbauan Kemenpan RB untuk Calon Pendaftar

Dengan demikian tentunya dorong masyarakat semakin mudah manfaatkan sistem pembayaran dan transaksi non tunai.

Tak hanya bagi para nasabah konsumen, GPN juga permudah nasabah sebagai merchant karena pedagang tak perlu lagi sediakan banyak mesin EDC untuk setiap bank.

Baca: Naik Pesawat Terbang Lalu Direkam Pakai Ponsel, Inilah Gaya Hidup Pengemis Tabalong

Efisiensi pun dapat ditingkatkan karena pemrosesan transaksi dengan sistem GPN dilakukan di dalam negeri dan dilakukan oleh lembaga switching domestik.

"Namun selain penukaran, kegiatan Pekan GPN & Layanan Perbankan Kalsel juga akan diisi berbagai kegiatan seru lainnya seperti gelaran produk UMKM hingga hadiah doorprize untuk para nasabah," kata Haris.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved