Bumi Antaluddin

Penjabat Bupati HSS Panen Padi di Gambah Dalam, Ini Pesannya kepada Para Petani

Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli melakukan panen padi bersama Kelompok Tani Budi Bakti Desa

Penjabat Bupati HSS Panen Padi di Gambah Dalam, Ini Pesannya kepada Para Petani
istimewa/Kominfo HSS
Panen Padi di HSS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli melakukan panen padi bersama Kelompok Tani Budi Bakti Desa Gambah Dalam Barat Kecamatan Kandangan, Rabu, (25/7).

Kegiatan panen padi ini juga diikuti Ketua DPRD H Akhmad Fahmi, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, Kepala Dinas Pertanian H Fathurrahman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Ruhaimi Alman dan Camat Kandangan Ronaldy P Putra.Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto

Kominfo HSS

Istimewa/kominfo hss - Kegiatan panen padi juga diikuti Dandim 1003/Kandangan

Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto

Meski cuaca cukup panas, H Dahnial Kifli melakukan panen padi secara langsung ke sawah yang dikuti oleh para pejabat yang hadir.

Dahnial bahkan melakukan panen padi dengan menggunakan sabit dan juga menggunakan mesin panen padi bersama dengan para petani setempat.

Selain panen padi, acara juga dirangkai dengan dialog interaktif dengan kelompok tani seKabupaten HSS melalui siaran langsung radio yang dipandu oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten HSS Hendro Martono dengan tema Mendukung Swasembada Pangan Nasional.

Kegiatan panen padi ini juga diikuti Ketua DPRD H Akhmad Fahmi
Kegiatan panen padi ini juga diikuti Ketua DPRD H Akhmad Fahmi (istimewa/Kominfo HSS)

Penjabat Bupati HSS Dahnial Kifli mengatakan tujuan kegiatan ini untuk melihat dan merasakan secara langsung keadaan para petani di lapangan.

Dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang swasembada pangan dan mendukung kegiatan yang digaungkan oleh Gubernur Kalsel yakni revolusi hijau.

Untuk mempertahankan swasembada pangan, Penjabat Bupati mengharapkan semua masyarakat khususnya di Kecamatan Kandangan mulai masyarakat, RT, Kepala Desa jangan membiarkan lahan-lahan tidur.

"Jadilah petani yang baik dan diskusikan dengan para penyuluh pertanian hal-hal yang menghambat untuk kemajuan pertanian di HSS," katanya.

Menurutnya, Pemkab HSS melalui Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan telah banyak mengucurkan program untuk meningkatkan bidang pertanian di HSS.

Mulai dari bibit hingga perlengkapan dan fasilitas pertanian sehingga tinggal masyarakat yang menerima bantuan untuk lebih giat, lebih inovatif dan lebih kreatif untuk melaksanakan kegiatan pertanian.

Dijelaskannya pada 2017, Kabupaten HSS urutan ke empat memberikan kontribusi produksi padi di Kalsel dengan produksi 253.653 ton gabah kering.

Peningkatan produksi tersebut dikarenakan menggunakan benih unggul bermutu.

Serta ditunjang dengan penggunaan pupuk, alat mesin pertanian, pengolahan lahan, pengendalian hama dan penyakit tanaman serta pendampingan penyuluh pertanian.

Kepada penyuluh pertanian, Dahnial berharap harus berada di wilayah kerjanya sehingga bisa maksimal dalam membantu para petani yang mengalami kendala di lapangan.

"Terimakasih kepada para pendamping penyuluh pertanian yang aktif, setiap saat melihat, mengontrol, berdiskusi dalam rangka peningkatan produksi sehingga pendapatan masyarakat meningkat," tambahnya.

Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi mengharapkan agar petani di HSS dapat melakukan tanam dan panen tiga kali dalam setahun. Sehingga pendapatan petani juga meningkat. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved