Pilpres 2019

Survei Indonesia Indicator Kans Cak Imin dan Mahfud MD Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 versi Netizen

Ada tiga kelompok yang masing-masing dikoneksikan dengan pembicaraan calon presiden dari seluruh jejaring di media sosial Twitter.

Survei Indonesia Indicator Kans Cak Imin dan Mahfud MD Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 versi Netizen
Tribunnews/Herudin
Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla (JK) dan Ketua Umum parpol pendukung, Megawati Soekarnoputri, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, Wiranto, serta Sutiyoso mengadakan jumpa pers usai silaturahmi dan konsolidasi parpol koalisi di rumah Megawati, di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/10/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan kembali maju pada Pilpres 2019 sebagai calon presiden (Capres) untuk yang kedua kalinya. Begitu juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diyakini bakal kembali maju sebagai Capres di Pilpres 2019.

Siapa sosok calon wakil presiden (Cawapres) yang akan menjadi pendamping Jokowi dan Prabowo masih belum diumumkan ke publik hingga hari ini.

Perbincangan mengenai siapa yang bakal menjadi capres dan cawapres kian memanas dan menarik perhatian publik, terutama di media sosial Twitter, Facebok, serta Instagram.

Baca: Capres-Cawapres 2019: Senior Golkar Dukung Airlangga Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, sepanjang 11-18 Juli 2018 terdapat 544.245 cuitan dari 182.923 akun Twitter yang memperbincangkan, menebak, mengusulkan, memunculkan nama-nama capres dan cawapres yang diharapkan.

"Kami melakukan kajian analisis media sosial dengan pendekatan Social Network Analysis (SNA)," ujar Rustika dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (25/7/2018).

Rustika menjelaskan, ada tiga kelompok yang masing-masing dikoneksikan dengan pembicaraan calon presiden dari seluruh jejaring di media sosial Twitter.

Koalisi Jokowi

Kelompok pertama koalisi Jokowi, kedua kelompok yang netral, ketiga kelompok kedekatan dengan Prabowo. Dari kelompok pertama terdapat nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Pertemuan kelompok ini menunjukkan adanya usulan kedekatan, siapakah yang pantas sebagai cawapres untuk mendampingi Jokowi," ujar Rustika.

Baca: Ahok Bikin Tulisan Dukungan 2 Periode untuk Jokowi di Pilpres 2019, Ada Sosok Rahasia Memintanya

Kelompok yang membicarakan Cak Imin mencapai 2.406 akun dengan total mencapai hastag 112 dan total aktivitas sebanyak 103.666. Dalam jaringan besar, posisi Cak Imin terletak di paling pinggir, menjauh dari nama-nama lainnya, kecuali hanya dengan Jokowi.

Halaman
1234
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved