Haji 2018

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Jemaah Haji yang Baru Mendarat di Bandara Madinah

Sebanyak sekitar 50 ribu jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Amma Madinah, sampai hari Selasa (24/7/2018).

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Jemaah Haji yang Baru Mendarat di Bandara Madinah
depkes.go.id
Menjaga kesehatan selama di Tanah Suci, jemaah haji harus rajin semprot wajahnya dengan air untuk menjaga kelembaban kulit. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MADINAH - Sebanyak sekitar 50 ribu jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Ammir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA), Madinah, sampai hari Selasa (24/7/2018). Tim Promotif Preventif (TPP) Kementerian Kesehatan langsung memberikan tips menjaga kesehatan kepada jemaah haji yang baru tiba.

Dilansir www.depkes.go.id, ada 4 terminal yang dilalui para jemaah ini, yaitu Terminal Fast Track,Terminal Internasional, Terminal Zero dan Terminal Haji.

Tim kesehatan yang bertugas di Bandara terdiri dari Tim Mobile dan Tim Promotif Preventif (TPP). Tim ini menyambut jemaah di pintu-pintu kedatangan tersebut untuk menemukan kasus kesehatan.

Bila ada kasus, maka tim mobile segera menangani dan mestabilisasi. Bila jemaah perlu dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) maka tim mobile inilah yang merujuk jemaah.

Baca: 1.633 Calon Jamaah Haji Kalteng Siap Diberangkatkan, Panitia Rapat Pemantapan

Sementara Tim Promotif Preventif mengimbau agar jemaah haji yang menuju ruang tunggu untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sudah dibagikan di embarkasi. Di sinilah tips menjaga kesehatan diberikan.

''Silakan keluarkan botol semprotan yang sudah dibagikan di embarkasi, isi dengan air dan gunakan masker. Minum air sesering mungkin dan jangan menunggu haus ya, Bapak Ibu,'' ucap Penanggung Jawab TPP di Bandara, dr. Leni kepada jemaah.

Leni juga mengingatkan jemaah yang membutuhkan air minum agar jangan segan untuk bertanya di mana bisa mendapatkannya.

Baca: Pasangan Suami Istri Asal Banjar Ini Gagal Berangkat Haji, Ini Kisahnya

Adapun kebiasaan jemaah di Bandara adalah mencari toilet. Untuk ini, Leni berpesan agar jemaah selalu berhati-hati saat berada di toilet.

''Perhatikan mana toilet wanita dan toilet pria. Minta bantuan jamaah lain atau petugas untuk mengantar dan mengajarkan bagaimana cara menggunakan toilet,'' tambahnya.

Sejumlah jemaah yang ditemui Leni, tidak dapat membaca, sehingga kesulitan mencari toilet.(depkes.go.id/gi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved