Berita Kalteng

Anggota KPU Jadi 5 Orang Hasil Judicial Rivew MK, 65 Calon dari 7 Kabupaten Ikut Uji Kelayakan

Hasil Judicial Review tersebut menerangkan, putusan MK menyebut bahwa dalam frasa tiga atau lima orang

Anggota KPU Jadi 5 Orang Hasil Judicial Rivew MK, 65 Calon dari 7 Kabupaten Ikut Uji Kelayakan
faturahman
Timsel untuk calon angggota KPU, tujuh kabupaten di Kalteng, saat memberikan keterangan soal keputusan Judicial Rivew MK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Keluarnya keputusan hasil Judicial Review dari Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 31 /PUU-XVI/2018 tanggal 23 Juli 2018 tentang jumlah anggota KPU.

Hasil Judicial Review tersebut menerangkan, putusan MK menyebut bahwa dalam frasa tiga atau lima orang, pasal 10 ayat (1) hurud C Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai lima orang.

Ini ditindaklanjuti oleh KPU RI, dan tim seleksi KPU untuk kabupaten dan kota se Kalteng dengan mengubah jumlah anggota KPU yang saat ini masih dalam tahap seleksi dari awalnya hanya ditentukan tiga orang menjadi lima orang sesuai dengan putusan MK.

Baca: Live TVRI! Link Live Streaming Man City vs Liverpool via Streaming TVRI ICC 2018

Menyikapi tersebut, Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten, Pulangpisau, Barito Timur, Murungraya, Katingan, Seruyan, Sukamara dan Lamandau periode 2018-2023.

Mereka yakni Hendri (Ketua), Esti Ariani Safitri (Sekretaris) dan tiga anggota yakni Hj Zainap Hartati, Rita Rahmaniati dan Sri Hidayati, Kamis (26/7/2018) mengumumkan ke calon anggota KPU yang sedang mengikuti seleksi.

Baca: Link Live Streaming Juventus vs Munchen ICC 2018 Tidak Live TVRI, Ini Alternatif Link Lainnya

Tim Seleksi Calon Anggota KPU yang saat ini masih melakukan seleksi terhadap pendaftar calon Anggota KPU yang akan ditempatkan pada 13 kabupaten dan satu kota se Kalteng menyesuaikan dengan ketentuan tersebut.

"Setelah adanya keputusan MK yang memeruntahkan untuk menambah jumlah anggota KPU dari tiga orang menjadi lima orang sesuai dengan keputusan MK tersebut, kami langsung umumkan kepada kandidat anggota KPU pada tujuh kabupaten yang kami seleksi,"ujar Hendri.

Sementara itu, hasil rapat pleno tim seleksi tentang penetapan hasil tes kesehatan dan tes wawancara yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk tujuh kabupaten yang diseleksi mencapai 65 orang .

"Peserta yang ditetapkan sebagai calon anggota KPU sebanyak 65 orang tersebut akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh KPU RI.Hasilnya akan kami umumkan setelah sudah ada keputusan KPU RI," ujarnya. www.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help