Otomotif

Honda Serap 157 Orang Lulusan SMK Berkurikulum Teknik Sepeda Motor Astra Honda

Tahun sebelumnya, sebanyak 42 persen pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi AHASS juga berhasil diisi

Honda Serap 157 Orang Lulusan SMK Berkurikulum Teknik Sepeda Motor Astra Honda
Achmad Maudhody
Mekanik lulusan SMK dengan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda bekerja di bengkel resmi AHASS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Semester pertama Tahun 2018, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) serap sebanyak 157 orang lulusan SMK lulusan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda sebagai tenaga mekanik.

Tahun sebelumnya, sebanyak 42 persen pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi AHASS juga berhasil diisi oleh lulusan SMK TSM Astra Honda.

Mereka merupakan lulusan program Kurikulum TSM Astra Honda yang sudah dikembangkan PT Astra Honda Motor (AHM) sejak delapan tahun silam.

Baca: Live TVRI! Link Live Streaming Man City vs Liverpool via Streaming TVRI ICC 2018

Dijelaskan Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, siswa lulusan SMK yang mengajarkan Kurikulum TSM Astra Honda terbukti telah memiliki daya saing tinggi untuk dalam mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif.

Program bertajuk Pendikan Satu Hati ini kini telah diimplementasikan di 667 SMK mitra binaan di 31 provinsi di Indonesia.

PT Trio Motor selaku Main Dealer Honda wilayah Kalselteng tak ketinggalan dalam menggembangkan program ini, sebanyak 15 SMK mitra binaan yang tersebar di dua provinsi tersebut telah meluluskan siswa dan bekerja sesuai dengan keterampilan yang dipelajarinya.

Baca: Link Live Streaming Juventus vs Munchen ICC 2018 Tidak Live TVRI, Ini Alternatif Link Lainnya

Tak hanya memiliki daya saing tinggi di industri otomotif, sebanyak 102 lulusan TSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya melalui usaha bengkel Mandiri.

Mendukung kemajuan usaha yang dijalankan, melalui Astra Honda Youthpreuner Program, AHM menggandeng beberapa wirausaha muda terpilih ini sebagai mitra untuk mendapatkan pembinaan dan dukungan khusus yang tidak diperoleh pengusaha bengkel muda lainnya.

Salah satu siswa SMKN 2 Marabahan, Galih Pambudi yang juga merupakan SMK binaan Honda kini sudah memiliki bengkel sendiri bernama AM Speed Motor di Marabahan, Kabupaten Barito Kuala.

“Ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan saat mengikuti kurikulum dan program yang di berikan Honda membuat saya berani dan siap untuk membuka bengkel saya ini," ucapnya.

Ditambahkan Ahmad, sejalan dengan upaya pemerintah melakukan revitalisasi SMK, AHM pun turut menguatkan upayanya dalam meningkatkan kualitas implementasi kurikulum TSM Astra Honda di setiap SMK binaan di seluruh provinsi di Indonesia.

AHM saat ini bahkan tengah menyempurnakan Kurikulum TSM Astra Honda dengan muatan bisnis dan wirausaha yang nantinya akan melahirkan kurikulum baru berlabel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

”Melalui pendidikan vokasi Astra Honda, kami ingin kompetensi generasi muda alumni SMK dapat semakin berkualitas. Tidak hanya bermanfaat bagi industri tapi juga bisa menjadi wirausaha mandiri,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya berusaha mengoptimalkan rantai bisnis yang dimiliki Astra untuk kemajuan alumni SMK mitra binaan.

"Mereka bisa berwirausaha sendiri atau bekerja di perusahaan atau melanjutkan kuliah dengan sistem yang terus dikembangkan secara komprehensif dan terintegrasi," terangnya. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help