Berita Kabupaten Banjar

Inilah Riwayat Hidup Tuan Guru H Zainal Ilmi Sebagai Wali Allah SWT yang Dibaca Saat Haul

Banyak keteladanan dari Tuan Guru H Zainal Ilmi, ulama yang sangat berpengaruh di kalangan masyarakat dan pejabat pemerintah.

Inilah Riwayat Hidup Tuan Guru H Zainal Ilmi Sebagai Wali Allah SWT yang Dibaca Saat Haul
Banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Ustadz H Ahmad Daudi membacakan manakib atau riwayah Tuan Guru H Zainal Ilmi saat haul, Kamis (26/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Ribuan jamaah memadati Langgar Hidayah (Samping rumah Tuan Guru H Zainal Ilmi) di Desa Dalam Pagar Ulu Martapura Timur Kabupaten Banjar, Kamis (26/7/2018). Mereka menghadiri haul ke-62 Almagfurlah Tuan Guru H Zainal Ilmi bin H Abdussamad.

Ustah H Ahmad Daudi membacakan manakib atau riwayah Tuan Guru H Zainal Ilmi. Banyak keteladanan dari Tuan Guru H Zainal Ilmi, ulama yang sangat berpengaruh di kalangan masyarakat dan pejabat pemerintah. Lahir pada malam Sabtu pukul 04.30 wita, 7 Rabiul Awwal 1304 Hijirah di Desa Dalam Pagar.

Seorang ulama rendah hati, tawadhu, serta pemurah. Tidak pernah marah, penuh kasih sayang terhadap keluarga dan murid, serta masyarakat.

Kata-kata beliau sangat menyejukan hati, kerendahan hati Tuan Guru H Zainal Ilmi terdengar dalam ucapannya sehari-hari dengan kalimat seperti “inggh” dan “pun”. Selalu diakhiri dengan kalimat “pun”.

Baca: BREAKING NEWS - Desa Bangkau HSS Geger, Ada Warganya Kebal Dibacok Penyetrum Ilegal

“Ini menunjukan kerendahan beliau yang patut dicontoh, tawadunya beliau. Tuan Guru H Zainal Ilmi seorang pemurah, menyantuni fakir miskin dan janda-janda, setiap beliah dalam hal ini tidak seorang pun mengetahui kecuali kepercayaan beliau yang menyampaikan dan menerima santunan, yang mengetahui hanya beliau dan penerima santunan,” ucap Ustad H Ahmad Daudi yang membacakan Manakib Tuan Guru H Zainal Ilmi.

Dilanjutkannya, setelah Tuan Guru H Zainal Ilmi wafat, barulah diketahui orang banyak dan masyarakat dalam pagar. Dalam catatan beliau, menulis nama-nama guru yang memberikan pendidikan terhadap Tuan Guru H Zainal Ilmi.

Yakni orang tua Tuan Guru H Zainal Ilmi sendiri yakni H Abdussamad selama enam tahun, menuntut ilmu kepada ulama H Muhammad Amin bin Qadii H Mahmud, Alalamah Alfadil Assyekh Abdurrahman Muda, Alalamah Alfadil H Abbas bin Alalamah Mufti H Abdul Jalil, Alalamah H Abdullah bin Alalamah HM Soleh dan H Muhammad Ali bin H Abdullah Albanjary.

Baca: Lisa BLACKPINK Bakal Menyapa Penggemarnya di Indonesia, Ini Cara Dapatkan Tiketnya

“Pesan dari guru-guru beliau, jika berkehendak masuk kepada ilmu nahwu, fikih atau ushul yaitu mesti lebih dulu mengetahui yang isyarah atau yang sudah memahami serta takrif, supaya lindung penglihatanmu,” ucap H Ahmad Daudi.

Menurut riwayat atau cerita bahwa Tuan Guru H Zainal Ilmi adalah juga murid Alalamah Mufti H Abdurrahman Sidiq Tambilahan. Karena ketika H Abdurrahman Sidiq hendak berangkat ke Tambilahan, ditanya salah seorang yang tua di Desa Dalam Pagar.

“Siapa menggantikan Alalamah Mufti H Abdurrahman Sidiq Sapat jika pindah ke Tambilahan, kemudian dijawab yang menggantikan adalah Guru Zainal Ilmi sambil menepuk bahunya sampai tertunduk, maka sejak saat itulah, Tuan Guru H Zainal Ilmi selalu menunduk,” ujarnya.

Ustadz H Ahmad Daudi
Ustadz H Ahmad Daudi (Banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili)
Halaman
123
Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help