Ekonomi dan Bisnis

RupiahPlus Sudah Salurkan Pinjaman Rp 2 Triliun kepada 600 Ribu Nasabah

Perusahaan financial technology ( fintech) RupiahPlus telah menyalurkan pinjaman tak kurang dari Rp 2 triliun kepada nasabahnya.

RupiahPlus Sudah Salurkan Pinjaman Rp 2 Triliun kepada 600 Ribu Nasabah
tribunnews.com
uang rupiah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tak sampai setahun, perusahaan financial technology ( fintech) RupiahPlus telah menyalurkan pinjaman tak kurang dari Rp 2 triliun kepada sebanyak 600.000 nasabahnya.

Hal tersebut dicapai RupiahPlus hanya dalam kurun waktu kurang dari setahun sejak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 26 Februari 2018.

"Kalau dana yang tersalurkan itu sudah Rp 2 triliun ke kurang lebih 600.000 nasabah," kata Direktur RupiahPlus Bimo Adhiprabowo saat berkunjung ke Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Bimo menambahkan, penyaluran dana pinjaman RupiahPlus ke para nasabahnya terbagi dalam dua, yakni sebesar Rp 800.000 dan Rp 1,5 juta.

Baca: 5 Saham Baru LQ45 Didominasi Sektor Pertambangan

Kendati telah menyalurkan pinjaman mencapai Rp 2 triliun, RupiahPlus memiliki rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) masih di kisaran empat persen.

Angka tersebut lumayan tinggi mengingat NPL akumulasi industri fintech selama April 2018 yang dirilis OJK hanya 0,53 persen.

OJK sendiri memprediksi NPL industri fintech hingga akhir 2018 hanya ada di kisaran angka 1 persen.

"Untuk NPL kami itu sampai sekarang masih di bawah 4 persen. Ini terus kita jaga karena kalau NPL-nya tinggi bisa dipanggil OJK kita," ucap Bimo.

Baca: Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 - Niat & Tata Cara Shalat Gerhana Bulan dalam Tulisan Arab & Latin

Salah satu upaya RupiahPlus untuk menjaga rasio NPL-nya adalah dengan terus memperbaiki profil para peminjamnya.

"Memang dari 600.000 orang yang sudah meminjam ke RupiahPlus itu ada nasabah berulang. Yang berulang ini terbukti mampu membayar tepat waktu, ini juga kemudian jadi credit score buat kami," sebut Bimo.

(Penulis : Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RupiahPlus Sudah Salurkan Pinjaman Rp 2 Triliun", \


Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved