Gerhana Bulan Total 2018

Ini Sebab Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018 Disebut Terlama di Abad 21 ini

Indonesia bakal mengalami gerhana bulan total super blood moon, Sabtu (28/7/2018) dini hari hingga pagi menjelang matahari terbit.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Indonesia bakal mengalami gerhana bulan total super blood moon, Sabtu (28/7/2018) dini hari hingga pagi menjelang matahari terbit.

Gerhana bulan total super blood moon ini diklaim sebagai yang terlama abad ini, yaitu sekitar 107 menit dan warna bulan bulan berubah kemerahan seperti darah.

Mengapa bisa demikian?

Ini penjelasannya dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) RI di Facebooknya belum lama ini.

Baca: Ini Dampak Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Terhadap Gelombang dan Angin Laut di Indonesia

Disebutkan di situ gerhana bulan total super blood moon juga dinamai micro-moon karena terjadi saat bulan sedang purnama terjauh di langit barat.

“Gerhana bulan total pada saat punama terjauh (media menyebutnya micro-moon) akan terjadi pada dini hari 28 Juli 2018 (malam Sabtu) di langit barat. Fase gerhana sebagian mulai pukul 01.24 sampai pukul 05.19 WIB (untuk WITa dan WIT menyesuaikan),” tulis Lapan RI di Facebooknya.

Baca: Cara Melihat Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dengan Mata Telanjang, ini Video Simulasinya

Selain itu, pihaknya juga mengimbau umat Islam agar melaksanakan salat sunah gerhana bulan.

“Pada rentang waktu tersebut disunnahkan shalat gerhana bulan. Fase total terjadi pada pukul 02.30-04.13 WIB, selama 107 menit, terlama di abad ini. Pada saat gerhana bulan total, bulan berwarna merah darah sehingga disebut blood-moon,” lanjutnya.

“Warna merah darah tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi sehingga warna merah cahaya matahari yang menimpa purnama. Maka media sering menyebutnya fenomena akhir Juli ini sebagai micro-blood-moo,” jelasnya.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018, Ini Tahapan dan Fakta Tentangnya

Pihaknya juga menjelaskan mengapa gerhana bulan super blood moon ini dinobatkan sebagai yang terlama abad ini.

Halaman
12
Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help