Berita Banjarmasin

Kasus Kabag Humas Batola Hery Sasmita Juga Dilaporkan Warga melalui Sistem Aplikasi LAPOR

Warga yang melakukan laporan di sistem LAPOR ini, perhari sekitar 600 sampai 800 laporan yang masuk ke Menpan RB.

Kasus Kabag Humas Batola Hery Sasmita Juga Dilaporkan Warga melalui Sistem Aplikasi LAPOR
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Sekda Kalsel Abdul Haris Makkie saat membuka Bimbingan Teknis Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Oknum Aparatur Sipil negara (ASN), yang merupakan mantan Kabag Humas Pemkab Batola, Hery Sasmita yang diduga melakukan pemukulan kepada warga sipil, ternyata juga dilaporkan warga melalui sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Laporan itu masuk dan kemudian berperoses di Kemenpan RB.

"Iya benar memang ada warga yang melaporkan melalui sistem online ini. Kita sudah menginformasikan mendisposisi laporan itu ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi. Nanti BKD Provinsi melakukan ingivestigasi dan melakukan kroscek. Dan itu dilaporkannya arogansi dan sudah diproses, kebetulan juga masuk di sistem lapor ini," kata Kasubbid Pelaksanaan dan Monitoring Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Kemenpan RB Rosikin ke Banjarmasinpost.co.id, Jumat (27/7/2018)

Baca: Jadwal & Prediksi Susunan Pemain Persija vs Bhayangkara FC Liga 1 2018 Pekan 18

Nah itulah, kata Rosikin, di mana warga saat ini semakin mudah jika mau melaporkan. Diutarikannya, hingga saat ini warga yang melakukan laporan di sistem LAPOR ini, perhari sekitar 600 sampai 800 laporan yang masuk ke Menpan RB.

"Itu se Indonesia, untuk di Kalselnya sendiri kan masih baru belum begitu banyak, tapi kalau Banjarmasin sendiri dari awal 2018 ini hampir 200 laporan yang masuk," kata Rosikin.

Masih menurut Rosikin, laporan yang paling banyak dikeluhkan tersebut yakni terkait infrastruktur, semisal jalan dan sejenisnya.

Baca: Jadwal Liga 1 2018, Jumat (27/7) - Mitra Kukar vs Arema FC, Persija vs Bhayangkara FC Live Indosiar

"Juga banyak pula yang mengeluhkan soal kesehatan terkait BPJS dan pelayan di rumah skait, juga ada bidang Pendidikan semisal PPDB dan banyak lagi yang lainnya," kata dia.

Diterakan dia, untuk laporan masuk di sistem LAPOR di kemenpan, kemudian ditindaklanjut admin untuk diverifikasi dan kemudian SOP maksimal tiga hari ditindaklanjuti. "tetap yang kemudian menangani adalah dinasnya terkait. Kalau tidak dijawab maka akan muncul warna merah dilaporan. Kalau kuning belum puas dan sejensinya," kata dia ketika di Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved