Yayasan Adaro Bangun Bangun Negeri

Bagini Cara YABN Menumbuhkan Jiwa Sainstis di Hati Remaja Balangan

Puluhan siswa dari kaki pegunungan Meratus ini tengah mengikuti kegiatan Workshop Klub Sains SMA yang diadakan YABN.

Bagini Cara YABN Menumbuhkan Jiwa Sainstis di Hati Remaja Balangan
YABN
Narasumber tengah menggiring siswa mengamati percobaan ilmiah yang tengah dipraktekan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Matahari tampak terik tapi hangat memeluk rasa ingin tahu puluhan siswa dari Kabupaten Balangan, tepatnya Kecamatan Juai dan Halong dalam mempersiapkan masa depan.

Puluhan siswa yang berasal dari kaki pegunungan Meratus ini tengah mengikuti kegiatan Workshop Klub Sains SMA yang diadakan oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN).

Mereka duduk, tersenyum ramah dan berusaha mencerna hal-hal baru tentang sains yang sedikit asing bagi telinga mereka.

Siswa-siswi dari 3 sekolah yang hadir, diantaranya SMAN 2 Juai, SMAN 1 Halong, dan MA Al-Istiqamah nampak antusias dalam diskusi.

Agung Nugroho  Narasumber  Kegiatan tengah menggali kemampuan berpikir kritis siswa
Agung Nugroho Narasumber Kegiatan tengah menggali kemampuan berpikir kritis siswa (YABN)

Motivasi merupakan sasaran utama kegiatan ini, mendorong siswa dan guru untuk terus melakukan kegiatan ilmiah di sekolah.

Abdullah Muzi Marpaung, narasumber dalam kegiatan sekaligus penggagas Rumah Sains Ilma memulai diskusi dengan mengenalkan kegagalan, harapan, dan cita-cita yang pernah dialami oleh sejumlah tokoh dunia.

Siswa diajak menggali potensi diri lebih dalam lagi untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi cemerlang.

Tidak hanya diskusi, secara langsung kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (19-21/7/2018) di Aula Kantor Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan ini juga dilengkapi dengan praktikum sederhana dengan kit sains agar siswa dapat menguji coba secara langsung sebuah proyek sains dengan metode yang menyenangkan.

Percobaan sederhana tentang Magnalev, yakni membuat dua batang es krim yang saling melayang dengan menggunakan sifat bertolakan dari kutub magnet yang sama membuka rasa penasaran siswa berikutnya. S

Selain itu, Agung Nugroho narasumber kedua dalam kegiatan terus memicu rasa penasaran siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percobaan sederhana yang dilakukan untuk memicu jiwa saintis peserta.

Abdull Muzi Marpaung, Narasumber  Kegiatan memotivasi guru dan siswa untuk mendorong pembelajaran yang  menyenangkan di sekolah.
Abdull Muzi Marpaung, Narasumber Kegiatan memotivasi guru dan siswa untuk mendorong pembelajaran yang menyenangkan di sekolah. (YABN)
Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved