Berita Hulu Sungai Selatan

Menyandang Predikat Sekolah Ramah Anak, MTsN 1 HSS Semangat Songsong Lomba Sehat Nasional

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Hulu Sungai Selatan terus memaksimalkan persiapan dalam menyongsong lomba sehat tingkat nasional.

Menyandang Predikat Sekolah Ramah Anak, MTsN 1 HSS Semangat Songsong Lomba Sehat Nasional
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Kepsek dan Wakasek menunjukkan penghargaan SRA tingkat nasional di sekolahnya yang asri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Hulu Sungai Selatan terus memaksimalkan persiapan dalam menyongsong lomba sehat tingkat nasional.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1978 ini juga sudah mulai menerapkan sekolah sehat, rindang, aman dan nyaman sejak 2007 lalu.

Pada tahun ini, sekolah ini menjadi wakil Kalsel dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional yang akan mulai dilakukan penilaian pada 8 Agustus.

Baca: Mau Dapat Bantuan Kemenag Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Pondok Pesantren

Berbagai persiapan terus dilakukan oleh pihak sekolah untuk meraih hasil terbaik.

Apalagi belum lama tadi sekolah ini sudah meraih sekolah ramah anak (SRA) terbaik pertama tingkat nasional tahun 2018.

Prestasi yang diraih belum lama tadi yakni SRA terbaik Nasional menjadi motivasi pihak sekolah untuk kembali meraih prestasi untuk sekolah sehat.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018, Ini Tahapan dan Fakta Tentangnya

Mengingat penghargaan nasional yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai sekolah ramah anak (SRA) terbaik pertama nasional tahun 2018 akan menjadi nilai plus untuk sekolah ini.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala MTsN 1 HSS Ratnawati pada Senin, (23/7) lalu di Surabaya.

"Untuk penilaian lomba sekolah sehat dijadwalkan 8 Agustus mendatang. Persiapan dan pembenahan terus dilakukan supaya meraih hasil yang terbaik," kata Ratnawati, Jumat, (27/7).

Baca: Warga Bisa Manfaatkan Aduan Online ke LAPOR PAMAN Soal Layanan Publik, Ini Penjelasannya

Pihaknya optimis bisa memberikan hasil yang terbaik pada lomba sekolah sehat.

Waktu yang ada dimaksimalkan untuk melakukan pembenahan yang dirasa masih kurang.

Namun pembenahan tidak terlalu banyak yang dilakukan pihak sekolah mengingat sekolah ini sudah melakukan penerapan sekolah sehat sejak 2007 dan sudah banyak meraih prestasi baik tingkat Kalsel hingga nasional.

Pada 2017 lalu, MTsN 1 HSS juga sudah menjadi sekolah Adiwiyata mandiri tahun 2017 tingkat nasional dengan membina 13 sekolah di Kabupaten HSS untuk menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten HSS.

Sementara itu, untuk menyandang predikat SRA bukan hal gampang.
Karena harus memenuhi beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya fasilitas sekolah yang memadai, seperti ruang belajar representatif, laboratorium yang lengkap, perpustakaan.

"Kantin sehat, Usaha Kesehatan sekolah (UKS), buku pelajaran dan ramah lingkungan, termasuk program SRA yang sejalan dengan program Adiwiyata," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hatimah Rasyidah.

Sekolah Ramah Anak (SRA) yang dilakukan MTsN 1 HSS bukan semata-mata mengejar prestasi namun untuk menciptakan suasana sekolah nyaman, aman dan sehat.

Untuk mengembangkan potensi anak didik di MTsN HSS dengan potensi dan kecerdasan anak yang berbeda-beda dikembangkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler.

“Sehingga ada hasil karya dari anak yang terlihat sesuai dengan bakat dan kecerdasan menuju cita-citanya. Terbukti dengan sejumlah prestasi yang sudah diraih oleh para siswa dan sekolah baik bidang akademik maupun esktra kurikuler," bebernya.

Berbagai inovasi juga dilakukan sekolah dalam pembinaan potensi anak didik MTsN 1 HSS seperti inovasi dalam kurikulum yang ramah anak, hasil pembelajaran dimana semua mata pelajaran menciptakan inovasi yang membangkitkan potensi pelajar.

Ada komunikasi kreatif antar pelajar sebagai tempat berjiwa wirausahawan untuk berusaha , serta ada inovasi pilah sampah untuk menjadi pupuk organik sampai menjadi hasil karya ilmiah dari limbah keringnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help