Berita Banjarmasin

Obor Asian Games 2018 Akan Diarak Keliling Kota dan Naik Kelotok di Kota Banjarmasin

Obor kemudian di bawa masuk ke Kota Banjarmasin lalu masuk ke Jalan Veteran dan menuju siring Jalan Piere Tendean

Obor Asian Games 2018 Akan Diarak Keliling Kota dan Naik Kelotok di Kota Banjarmasin
Humas Pemkab Banyuwangi/KOMPAS
Ari Noviyanti (39) sempat mencuri perhatian saat torch relay (pawai obor) Asian Games 2018 di Kabupaten Banyuwangi beberapa waktu lalu 

BANJARMASINBPOST.CO.ID - Dipastikan, estafet obor Asian Games 2018 akan melewati di Kalsel. Agar lebih menarik, panitia akan membawa obor yang bersumber dari api abadi Asian Games ini akan merasakan naik kelotok atau perahu kapal ketika di Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Zakly Asswan, menjelaskan pada tanggal 30 Juli mendatang, obor Asian Games akan tiba di Bandara Syamsudin Noor bersama rombongan.

Di bandara di Banjarbaru, akan ada sedikit seremoni penyambutan api kirap obor. Selanjutnya, obor di bawa ke Jalan A Yani Km 8.

"Nanti, Dari Jalan A Yani Km 8 kami akan sambut, dan bahwa obor akan dibawa lari secara bergantian antara atlet kita dengan atlet bawaan dari Jakarta dari berbagai cabang olahraga. Mereka bergantian membawa berlari membawa api setiap sepanjang 500 meter," jelas Zakly Aswan.

Baca: Gerhana Bulan Total Super Blood Moon, Ini 5 Keistimewaannya Yang Sayang Jika Anda Lewatkan

Obor kemudian di bawa masuk ke Kota Banjarmasin lalu masuk ke Jalan Veteran dan menuju siring Jalan Piere Tendean. "Ada 20 orang yang secara bergantian membawa obor ini. 10 atlet kita dan 10 atlet bawaan dari Jakarta," ujar Zakly.

Nah, ketika di Siring Pasar Terapung, obor Asian Gamen akan dibawa naik kelotok untuk menyeberang ke Taman Siring Nol Kilometer di Jalan Jendral Sudirman. Dari sana, kemudian obor di bawa ke Gedung Mahligai Pancasila. Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor akan menerima obor tersebut di Gedung Mahligai.

"Obor akan dimalamkan satu malam di Mahligai Pancasila, keesokan harinya di bawa lagi oleh panitia pusat," runutnya.

Menurut Zakly, untuk penyambutan obor Asian Games ini pihaknya melibatkan seluruh komponen. Baik TNI, Polri, Basarnas, pihak terkait lainnya. "Ada 18 provinsi yang disinggahi obor ini. Dan untuk provinsi di Kalimanta cuma di Kalsel," ungkapnya.

Baca: Arsenal Vs Atletico Madrid - Ini Video Gol Indah ABG Ajaib Milik Arsenal di ICC 2018

Diketahui, proses penyalaan obor sejatinya sudah dilakukan pada Minggu (15/7) lalu. Sumber api kirab obor diambil dari api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang menjadi arena pelaksanaan perdana 1951.

Selanjutnya, obor tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, pada 18 Juli dan memulai perjalanannya ke 53 kota yang berada di 18 provinsi. Bukan hanya untuk perayaan Asian Games, kirab obor ini juga diharapkan dapat menjadi kesempatan pemerintah pusat maupun daerah yang akan dilalui kirab obor untuk mengenalkan budaya serta tempat wisata daerah setempat kepada dunia. (banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda ).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved