Berita Hulu Sungai Selatan

Siaga Karhutla, Tim Gabungan Tiap Hari Patroli di Tiga Desa

Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus rutin dilakukan oleh tim gabungan

Siaga Karhutla, Tim Gabungan Tiap Hari Patroli di Tiga Desa
istimewa
Patroli Kebakaran Hutan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus rutin dilakukan oleh tim gabungan untuk memantau titik sumber api.

Para tim gabungan yang terdiri berbagai unsur baik Polri, TNI, para relawan, masyarakat dan anggota BPBD HSS terus melakukan patroli karhutla.

Seperti Komando Rayon Militer (Koramil) 1003-08 Daha Selatan melaksakan Patroli Karlahut Gabungan di tiga Desa Muning Baru, Desa Baru Jaya dan Desa Siang Gantung di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS.

Baca: 5 Cara Abadikan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Pakai Kamera IPhone

Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto melalui Danramil Kapten Inf Bambang Kiswoyo mengatakan Patroli Karhutla gabungan merupakan kegiatan pencegahan dan antisipasi adanya titik api agar cepat diketahui.

Selain itu saat patroli juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Patroli Karhutla Gabungan ini dilaksanakan setiap hari dari berbagai unsur gabungan dengan tiga desa sasaran" katanya, Jumat, (27/7).

Baca: Ini Alasan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Ganti Nama, Siap Jadi Wakil Rakyat?

Tim gabungan dikatakannya baik dari TNI, Polri, masyarakat dan Tim Manggala Agni, relawan kebakaran dan anggota BPBD HSS dengan sasaran tiga desa perharinya.

Ditegaskannya bahwa Patroli Karhutla Gabungan sangat bermanfaat untuk mencegah kebakaran Lahan yang disebabkan oleh alam maupun warga yang tidak bertanggung jawab.

Ditambah lagi musim kemarau ini banyak warga secara sembunyi-sembunyi membakar lahannya untuk berkebun.

Baca: Seleksi Penerimaan CPNS 2018, BKN Bantah Telah Terbitkan Buku Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2018  

"Selain kita melaksanakan Patroli Karhutla Gabungan kita juga menyosialisasikan kepada warga agar tidak membersihkan lahannya dengan cara membakar," tambahnya.

Senada, dari Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) juga terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten HSS.

Berbagai cara dilakukan mulai dari memasang spanduk imbauan kepada masyarakat hingga terjun langsung ke lapangan untuk memantau titik api.

Kabagops Polres HSS Kompol Heri Munanto mengatakan bahwa sosialisasi waspada dan pencegahan Karhutla terus dilakukan.

"Bila ada yang sengaja melakukan pembakaran lahan maka akan dilakukan penindakan hukum. Untuk itu sosialisasi terus kita lakukan," lanjutnya.

Pihaknya juga terus berkoordinasi baik dari Polsek-polsek yang tersebar di Kabupaten HSS dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah, pihak camat dan semua pihak terkait yang ikut mencegah Karhutla.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol HSS) Efran mengatakan bahwa timnya selalu monitoring dan standby di posko dan di lapangan untuk antisipasi Karhutla.

"Perlu kerja sama semua pihak untuk ikut mencegah Karhutla di HSS. Sehingga meminimalisir terjadinya Karhutla," lanjutnya.

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved