Berita Tanahbumbu

3 Kecamatan Dinilai Rawan Karhutla, BPBD Tanahbumbu Lakukan Ini

Hingga Sabtu (28/7/18) sekitar 14.00 Wita, belum ada wilayah yang terindikasi adanya titik hotspot.

3 Kecamatan Dinilai Rawan Karhutla, BPBD Tanahbumbu Lakukan Ini
istimewa
Kepala BPBD Tanahbumbu Eryanto Rais

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Hingga saat ini, Kabupaten Tanahbumbu menjadi wilayah bebas hotspot. Pasalnya, hingga Sabtu (28/7/18) sekitar 14.00 Wita, belum ada wilayah yang terindikasi adanya titik hotspot.

Meski begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanahbumbu terus memantau dan bersiaga menyambut ancaman kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau ini.

Sebab itu, semua wilayah yang ada di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanahbumbu diminta untuk mendirikan posko yang ada. Itu sebagai upaya meminimalisir karhutla di Tanbu.

Baca: Live Vidio.com! Link Live Streaming Barito Putera vs Madura United Liga 1 Malam Ini

"Meski saat ini belum ada titik hotspot, namun upaya untuk mencegah harus dilakukan yaitu dengan menyebar surat peringatan bahaya karhutla ke semua kecamatan dan desa," kata Kepala BPBD Tanbu, Eryanto Rais, Sabtu (28/7/18).

Dia mengatakan, titik hotspot memang tidak ada, namun saat ini tidak menutup kemungkinan di musik kemarau ini rentan terjadi. Seperti di tahun sebelumnya, ada banyak titik hotspot yang muncul.

Baca: Link Live Streaming Indosiar PSMS Medan vs Bali United Pekan 18 Liga 1 2018 via Streaming Vidio.com

Dari 10 kecamatan yang ada, kawasan yang paling rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan adalah di wilayah Kusan Hilir. Setelah itu disusul wilayah Kecamatan Batulicin serta Simpangempat Tanahbumbu.

Dia mengatakan untuk wilayah kecamatan Batulicin ada sebanyak 10 kali kejadian dengan menghanguskan lahan dengan luasan 44,5 hektar, Kecamatan Kusan Hilir sebanyak 12 kali dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 87 hektare dan Kecamatan Simpangempat sebanyak 1 kali dengan luasan terbakar sekitar 3 hektare.

Baca: Sekretaris Umum PKS Ini Tegas Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Ini Kisahnya

"Total keseluruhan karhutla selama 2017 ada sebanyak 134,5 hektare dengan 23 kejadian. Ini lah yang kami antisipasi terutama di wilayah 3 kecamatan tersebut," katanya.

Dari tiga kecamatan itu, daerah rawan karhutla untuk kecamatan Kusan Hilir yaitu di Desa Sepunggur, Saring Sei Binjai dan Api-api.

Sementara di Kecamatan Batulicin adalah di desa poliwalimarajae, desa kersik putih, kelurahan gunung tinggi dan kecamatan simpangempat yaitu di Desa Sarigadung berdasarkan data kejadian pada 2017. 

Baca: Nyatakan Legowo Jika Tak Jadi Capres 2019, Prabowo Dipuji Negarawan yang Luar Biasa

Sebab itu, upaya menekan angka tersebut dengan terus bersama-sama memberikan himbauan kepada masyarakat terkait bahaya dan dampaknya pada kesehatan. Sebab, asap yang dihisap bisa merusak kesehatan.

" Makanya setiap kecamatan dibentuk posko karhutla sesuai edaran dari Plt Bupati Tanbu," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help