Berita Kotabaru

Polhut KPH Kotabaru Temukan Kayu Tidak Bertuan, Diduga Hasil Illegal Loging

Lebih tujuh meter kubik kayu tidak bertuan dengan bermacam ukuran ditemukan di pesisir panta, Desa Sungaipasir, Kecamatan Pulaulaut

Polhut KPH Kotabaru Temukan Kayu Tidak Bertuan, Diduga Hasil Illegal Loging
istimewa
Petugas Polhut KPH Pulaulaut Sebuku saat mengevakuasi kayu temuan 

BANJARMASIPOST.CO.ID,KOTABARU - Lebih kurang tujuh meter kubik meranti campuran atau kayu rimba campuran tidak bertuan ditemukan tim Polisi Kehutanan dari Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Pulaulaut Sebuku, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel.

Lebih tujuh meter kubik kayu tidak bertuan dengan bermacam ukuran ditemukan di pesisir panta, Desa Sungaipasir, Kecamatan Pulaulaut Tengah Kotabaru, beberapa hari tadi.

Diperoleh informasi, kayu diolah menjadi papan diduga hasil kegiatan penebangan liar hutan produksi, rencananya akan diangkut menggunakan kapal.

Baca: Komdis PSSI Beri Sanksi Barito Putera, Pihak Manajemen Harus Bayar Sebesar Ini

Salah satu tim anggota Polhut, KPH Pulaulaut Sebuku H Trubus membenarkan, kayu temuan rencana akan diangkut menggunakan kapal ke daerah seberang.

"Posisi kayu sudah di mulut sungai, tinggal diluncurkan," kata Trubus kepada banjarmasinpost.co.id melalui telepon genggamny, Sabtu (28/7/2018).

Menurut dia, menduga kayu tidak bertuan yang ditemukan pihaknya ketika melakukan operasi, kuat dari hasil kegiatan illegal loging. Karena kayu jenis MC bukan dari kebun, tapi dipastikan ditebang di area hutan produksi (HP).

Baca: Link Live Streaming Barito Putera vs Madura United via Streaming Vidio.com Liga 1 2018 Pekan 18

"Prediksi kami tidak mungkin ada kayu sejenis itu, kalau berasal dari kebun. Karena bisa dibedakan kayu kebun dengan kawasan hitam," jelasnya melalui telepon genggam.

"Kalau kayu kebun milik masyarakat, ya kami pasti akan bela," tambahnya.

Kayu berbagai ukuran di antaranya berukan 5x25 sentimeter dengan panjang empat meter telah diamankan ke kantor KPH Pulaulaut Sebuku.

Baca: Link Live Streaming Indosiar - Live Streaming PSMS Medan vs Bali United Liga 1 2018

"Sekarang sudah diamankan di gudang kantor KPH Pulaulaut Sebuku," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved