Berita Tabalong

Tradisi dan Ritual Adat Kawin Bagunung Perak Dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin

Beberapa tradisi dan ritual adat ditampilkan dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin, Desa Warukin, kecamatan Tanta, Tabalong.

Tradisi dan Ritual Adat Kawin Bagunung Perak Dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Tari-tarian mengiringin Prosesi dari ritual Kawin Bagunung Perak Dayak Ma'anyan Warukin, Sabtu (28/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Beberapa tradisi dan ritual adat ditampilkan dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin, Desa Warukin, kecamatan Tanta, Tabalong.

Even tahunan yang baru kali kedua digelar ini berlangsung di Balai Adat Dayak Ma'anyan Warukin dari Jumat (27/7 /2018) hingga Minggu (29/7/2018).

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, Sabtu (28/7/2018), Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin, salah satunya diisi dengan menampilkan prosesi adat Kawin Bagunung Perak.

Acara adat yang cukup langka ini diperlihatkan mulai prosesi awal hingga akhirnya kedua mempelai bersanding di pelaminan.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) TVRI & I News ICC 2018 Malam Ini Sabtu (28/7) & Minggu (29/7)

Kepala Desa Warukin, Dedy Unjang, mengatakan, dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin yang kedua ini tak hanya diisi dengan tradisi Kawin Bagunung Perak saja.

"Hari pertama juga sudah dilakukan ritual pedudusan," katanya.

Prosesi dari ritual Kawin Bagunung Perak Dayak Ma'anyan Warukin saat Gelar Budaya Adat Dayak Ma'anyan, Sabtu (28/7/2018)
Prosesi dari ritual Kawin Bagunung Perak Dayak Ma'anyan Warukin saat Gelar Budaya Adat Dayak Ma'anyan, Sabtu (28/7/2018) (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Selain itu juga akan ada dilaksanakan acara ritual Ipaket atau manyangga banua yang selama ini masih dijunjung tinggi masyarakat Dayak Ma'anyan Warukin.

"Ini sebagai bentuk masyarakat Dayak Ma'anyan Warukin masih mencintai leluhur dan adat istiadat," katanya.

Dengan adanya pelaksanaan gelar budaya ini, pihaknya berharap selain bisa menjaga budaya yang ada juga bisa menjadi salah tujuan wisata di Tabalong.

Baca: Sebanyak 64.917 Jemaah Haji Indonesia Telah Tiba di Tanah Suci, Sembilan Orang Wafat

Terpisah Kepala Disparpora Tabalong, Zain Ramali, sangat mendukung adanya kegiatan gelar budaya ini dan berharap terus bisa digali serta dikembangkan lagi.

Prosesi dari ritual Kawin Bagunung Perak Dayak Ma'anyan Warukin dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin, Sabtu (28/7/2018)
Prosesi dari ritual Kawin Bagunung Perak Dayak Ma'anyan Warukin dalam Gelar Budaya Dayak Ma'anyan Warukin, Sabtu (28/7/2018) (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

"Saya berharap bisa terus dikembangkan supaya bisa memberikan pelajaran bagi generasi muda kita," ujarnya.

Kemudian agar bisa semakin bagus maka harus terus ada dilakukan evaluasi untuk bisa diterapkan dalam pelaksanaan di tahun-tahun berikutnya.

Termasuk pula dalam hal upaya promosi juga akan terus dilakukan agar bisa lebih dikenal masyarakat luar. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help