Berita Banjarmasin

Penderita Katastropik Lakukan Gerakan Ini Bersama Wali Kota Banjarmasin

sejumlah penderita katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi kota Banjarmasin nampak berkumpul.

Penderita Katastropik Lakukan Gerakan Ini Bersama Wali Kota Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie
Sejumlah penderita katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi kota Banjarmasin berkumpul di lapangan Upik Futsal Jalan Pangeran Hidayatullah Benua Anyar Kecamatan Banjarmasin Utara Kalsel, Minggu (29/7/2018) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Suasana berbeda nampak terlihat di lapangan Upik Futsal Jalan Pangeran Hidayatullah Benua Anyar Kecamatan Banjarmasin Utara Kalsel, Minggu (29/7/2018) pagi.

Pasalnya, pada kesempatan tersebut sejumlah penderita katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi kota Banjarmasin nampak berkumpul.

Ya, kehadiran mereka pagi itu yakni dalam rangka mengikuti senam Kolosal yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin.

Baca: Ini Langkah Pendaftaran CPNS 2018 Melalui Situs Resmi sscn.bkn.go.id Ada 4 Langkah

Senam Kolosal sendiri tentunya berbeda dengan senam pada umumnya. Para penderita katastropik seperti diabetes melitus (DM) dan hipertensi akan melakukan gerakan-gerakan yang bertumpu pada peningkatan kebugaran dan sistem imun.

"Betul. Jadi bedanya dengan senam pada umumnya, senam ini seenerjik senam lainnya. Sehingga gerakannya pun dikhususkan pada penderita DM dan hipertensi," jelas Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Muhammad Fakhriza.

Baca: Gempa 6.4 SR Juga Guncang Lombok, Cuma 10 Detik Sejumlah Bangunan Dilaporkan Roboh

Lebih lanjut, ia juga mengatakan kegiatan tersebut sebetulnya juga dalam rangka menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke-50.

Senam sehat Kolosal sebetulnya tidak hanya dilakukan di Kota Banjarmasin, melainkan juga serentak di seluruh kantor cabang se Indonesia.

"Sesuai dengan namanya, Senam sehat Kolosal 18.8.18, kegiatan ini diikuti oleh 18.818 orang, mulai dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, stakeholder terkait, hingga para Duta BPJS Kesehatan , " jelas pria yang akrab disapa Riza tersebut.

Selain itu, Riza juga menyebutkan melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat.

Baca: Gerak Cepat Petugas, Tiga Pria Muda Ini Tak Berkutik, Buktinya 9 Paket Sabu Ditemukan

Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit.

"Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat,” tutupnya.

Sementara dalam kegiatan itu, pihak kantor BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin tidak hanya mengundang peserta JKN-KIS nya, melainkan juga stakeholder, dokter, serta Walikota Banjarmasin.

Nampak di sekitar lokasi acara, beberapa stand pelayanan kesehatan gratis dan donor darah dibuka bagi peserta senam sehat kolosal 18.8.18. (banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help