Kalsel Bergerak

Satu-satunya Daerah Kalimantan yang Dilintasi Obor Asian Games, Gubernur Kalsel Ikut Bawa Obor

Provinsi Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengimbau segenap komponen masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan

Satu-satunya Daerah Kalimantan yang Dilintasi Obor Asian Games, Gubernur Kalsel Ikut Bawa Obor
istimewa/humpro kalsel
Pintu gerbang menuju Setdaprov Kalsel dari Jalan Palam yang dihiasi dengan spanduk sukseskan Asian Games 2018 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKASSAR – Provinsi Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengimbau segenap komponen masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan Asian Games 2018, berlangsung di Jakarta dan Palembang, mulai 18 Agustus sampai 2 September 2018.

“Saya mengimbau seluruh instansi swasta maupun pemerintahan turut berpartisipasi mensukseskan Asian Games 2018. Caranya, bisa dengan turut mensosialisasikan event olahraga tersebesar di Asia itu dengan memasang baliho atau spanduk di depan kantor instansi masing-masing,” imbau Gubernur H Sahbirin Noor, di sela Kegiatan Jalan Sehat Bersama Presiden Joko Widodo, di Makassar, Minggu (29/07/2018) pagi.

Dikatakan Paman Birin, sapaan akrabnya, Kalimantan selatan merupakan salah satu dari 18 provinsi di Indonesia yang akan dilintasi Atlet Obor Asian Games 2018. Dan untuk wilayah Kalimantan, Kalsel satu-satunya yang dilintasi Obor Asian Games 2018.

Obor Asian Games ini akan tiba di Kalsel pada tanggal 30 Juli 2018, sekitar pukul 08.00 wita, kemudian Obor Asian Games akan dibawa ke Jalan A Yani kilometer delapan, selanjutnya obor tersebut akan dibawa ke Kota Banjarmasin melalui Jalan Veteran kemudian menuju ke Siring Piere Tendean.

Untuk menyemarakan sebagai bentuk dukungan Kalsel terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor akan ikut berlari membawa Obor Asian Games tersebut.

“Terkait kirab obor Asian Games di Kalsel, Saya nanti akan ikut berlari membawa obor tersebut” ujar Paman Birin kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kemudian Paman Birin juga mengimbau kepada masyarakat Kalsel untuk dapat bersama-sama mendukung, mensukseskan, dan meramaikan gelaran Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta-Palembang.

Tidak hanya itu, Obor Asian Games 2018 yang diambil dari api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang menjadi arena pelaksanaan Perdana 1951, akan dibawa naik kelotok atau perahu motor, yang merupakan ciri khas atau identitas dari Kota Banjarmasin ibu kota Provinsi Kalsel sebagai Kota Seribu Sungai.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Zakly Asswan Helmi, menjelaskan terkait detail kirab Obor Asian Games 2018 "Dari Jalan A Yani kilometer delapan obor akan dibawa lari secara bergantian antara atlet kita dengan atlet dari Jakarta. Mereka bergantian membawa berlari membawa api sejauh 10 Km" jelas Zakly.

Obor kemudian di bawa masuk ke Kota Banjarmasin lalu masuk ke Jalan Veteran dan menuju siring Jalan Piere Tendean. Dari pasar terapung siring Piere Tendean, obor Asian Gamen akan dibawa naik kelotok untuk menyeberang ke Taman Siring Nol Kilometer di Jalan Jendral Sudirman. Dari sana, kemudian obor di bawa ke Gedung Mahligai Pancasila.

Obor Asian Games ini akan dimalamkan satu malam di Mahligai Pancasila, keesokan harinya di bawa lagi oleh panitia pusat. Penyambutan obor Asian Games ini pihaknya melibatkan seluruh komponen. Baik TNI, Polri, Basarnas, pihak terkait lainnya.

Kirab Obor Asian Games 2018 ini bukan hanya untuk perayaan Asian Games, kirab obor ini juga diharapkan dapat menjadi kesempatan pemerintah pusat maupun daerah yang akan dilalui kirab obor untuk mengenalkan budaya serta tempat wisata daerah setempat kepada dunia. (aol/*)

Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved