Ekonomi dan Bisnis

DJP Kalselteng Bina UMKM Via Program Business Development Service

Selain untuk mengembangkan kemampuan UMKM bersaing, DJP juga terus sosialisasikan terkait kewajiban membayar pajak bagi para wajib pajak (WP) UMKM.

DJP Kalselteng Bina UMKM Via Program Business Development Service
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Kepala Kanwil DJP Kalselteng, Imam Arifin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Punya tugas baru dari Kementrian Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di seluruh Indonesia melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) mulai bina untuk berdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dijelaskan Kepala Kantor Wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng), Imam Arifin, program pembinaan UMKM oleh pihaknya berformat business development services (BDS).

Selain untuk mengembangkan kemampuan UMKM bersaing di pasar terbuka, melalui BDS, DJP juga terus sosialisasikan terkait kewajiban membayar pajak bagi para wajib pajak (WP) UMKM.

Kanwil DJP Kalselteng bekerjasama dengan organisasi UMKM di Kalsel termasuk Himpunan Pengusaja Mikro dan Kecil (Hipmikindo) Kalsel untuk mulai mendata jumlah dan skala UMKM di Kalsel.

Baca: Capres-Cawapres Pilpres 2019, Abdul Somad Mundur Cawapres Fahri Hamzah: Terbebas Politik Salah

"Sampai saat ini dari data kami kurang lebih ada sekitar 30 ribuan UMKM yang miliki omzet usaha Rp 4,8 miliar setahun dan termasuk bisa nikmati tarif pajak UMKM setengah persen," kata Imam.

Menurutnya, banyak pelaku UMKM yang saat ini sebenarnya beban pajak usahanya dikenai tarif murah 0,5 persen dan total tagihan pajak usahanya di bawah Rp 100 ribu.

"Dari data kami masih banyak yang bayarkan pajak dibawah Rp 100 ribu, kan tidak terlalu besar. Makanya kami ajak dan himbau untuk mulai berperan kepada negara bayarkan pajak, karena akan banyak kemudahan apalagi dengan tarif makin murah," kata Imam.

Imam menghimbau bagi para pelaku UMKM untuk tidak segan datang ke KPP-KPP untuk bertanya, karena akan diajari cara menghitung pajak dan diarahkan bagaimana proses membayar pajaknya masing-masing. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help