Jendela Dunia

Empat Juta Orang Kehilangan Status Kewarganegaraan India, Terungkap Siapa Mereka?

Pemerintah federal India telah mengeluarkan sebuah nota yang mencabut status kewarganegaraan dari setidaknya 4 juta orang

Empat Juta Orang Kehilangan Status Kewarganegaraan India, Terungkap Siapa Mereka?
Reuters

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setidaknya empat juta orang kehilangan status kewarganegaraan India lantaran mereka dicurigai sebagai migran ilegal dari Bangladesh.

Pemerintah federal India telah mengeluarkan sebuah nota yang mencabut status kewarganegaraan dari setidaknya empat juta orang di Negara Bagian Assam.

Nota yang dikeluarkan Badan Nasional Pendaftaran Warga (NRC) itu berisi daftar nama orang-orang yang bisa membuktikan bahwa mereka telah datang ke Assam pada 24 Maret 1971, ketika Bangladesh didirikan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Link Live Streaming Indosiar PS Tira vs Persib Bandung di Liga 1 2018

Pemerintah India berkilah proses ini penting guna mendepak migran ilegal dari Bangladesh.

Karena khawatir akan muncul aksi kekerasan, para penjabat mengatakan tidak ada pendeportasian dalam waktu dekat.

Pemerintah India menegaskan proses banding akan bisa dilakukan warga yang tidak termasuk di dalam daftar. Namun, selagi menempuh proses, jutaan warga tersebut tidak jelas status kewarganegaraannya sampai ada keputusan akhir.

Kasus ini membuat Hasitun Nissa gelisah, seseorang yang BBC temui beberapa hari lalu, sebelum nota resmi dari pemerintah dikeluarkan.

Baca: BKN Tak Terbitkan Buku Simulasi Soal CPNS 2018, Klik di Sini Untuk Latihan Soal

Tak pernah terlintas dalam benaknya untuk tinggal di luar Assam, dikenal sebagai daerah dataran banjir.

Assam merupakan tempat guru sekolah berumur 47 tahun ini menghabiskan masa kecilnya, saat-saat dimana dia menimba ilmu, tempat dia melangsungkan pernikahan, dan tempat dirinya membesarkan empat orang anak.

Dia sadar status kewarganegaraanya akan dicabut pemerintah, yang bakal diikuti dengan perlucutan hak tanah, haknya memilih, dan kebebasan.

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help