berita nasional

8 Jam untuk Sampai Puncak Rinjani, Begini Lama Pendakian Kalau Terjadi Longsor

Proses evakuasi para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak memerlukan waktu. Jauhnya jalur serta longsor menyulitkan evakuasi

8 Jam untuk Sampai Puncak Rinjani, Begini Lama Pendakian Kalau Terjadi Longsor
istimewa/tribunnews.com
Proses evakuasi para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak tidak bisa secepat yang dibayangkan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Proses evakuasi para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak tidak bisa secepat yang dibayangkan. Jauhnya jalur serta longsor di tiga jalur pendakian membuat proses evakuasi perlu waktu.

Pengamat Gunung Rinjani di Sembalun, Mutaharlin mengatakan bahwa proses evakuasi para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak tidak bisa secepat yang dibayangkan. Sebagian pendaki memang telah dievakuasi ke posko dalam keadaan selamat.

Namun perlu dicatat bahwa pendakian ke gunung tersebut cukup jauh, terlebih saat ini tiga jalur pendakian telah mengalami longsor, yakni Plawangan Senaru, Torean dan Sembalun.

"Kalau Rinjani ini kan pendakiannya jauh ya, tidak bisa secepat itu (pengevakuasiannya)," ujar Mutaharlin, saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (30/7/2018).

Baca: Menunggu Mobil Spesial Version Milik Datsun

Baca: 93 Guru Honor Curhat ke DPRD HST, Ini yang Diadukannya

Ia pun kemudian menjelaskan, jika perjalanan mendaki Gunung Rinjani ditempuh dari posko yang berada di Plawangan Sembalun, maka akan membutuhkan waktu selama sekira 8 jam. Itu jika ditempuh dengan berjalan kaki tanpa adanya hambatan seperti longsor yang terjadi saat ini.

"Kalau dari Plawangan dari posko di sini, kalau dari jalan kaki paling cepat ke lokasi itu dalam keadaan normal 8 jam," jelas Mutaharlin.

Mutaharlin menambahkan, tim gabungan yang terdiri dari Korps Kopassus dan Basarnas yang juga dibantu masyarakat sekitar telah berangkat sejak pagi tadi untuk mengevakuasi para pendaki. Bahkan ada pula diantara mereka yang berangkat lebih awal, yakni pada pukul 05.00 WITA.

"Tadi kebetulan pagi-pagi sekali diberangkatkan itu kurang lebih (sekitar) jam 5 jam 6, ada yang duluan berangkat," kata Mutaharlin.

Baca: Kepala Nenek Lahbaniah Ditemukan, Polres HSU: Sudah Ketemu Pas Adzan Dzuhur

Sebelumnya, terjadi gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang mengguncang Lombok dan Sumbawa pada Minggu pagi (29/7/2018), dan mengakibatkan longsor di kawasan Gunung Rinjani. Longsor itu kemudian menyebabkan ratusan pendaki terjebak di Danau Segara Anak saat tengah mendaki ke Gunung tersebut.

Menurut informasi yang diperolehnya, dari ratusan orang yang terjebak itu, satu diantaranya dinyatakan tewas dan tengah dalam proses pengevakuasian. Tim evakuasi gabungan yang terdiri dari Korps Kopassus, Basarnas dan dibantu masyarakat pun hingga kini tengah berupaya mengevakuasi seluruh korban yang terjebak.

Perlu diketahui, untuk mencapai Danau Segara Anak, yang disebut menjadi titik lokasi terjebaknya para pendaki, membutuhkan waktu sekira 7 hingga 10 jam jika ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalur Senaru.

Lokasi longsor itu memiliki jarak sekitar 8 km dari pintu gerbang jalur pendakian tersebut. Sedangkan jika perjalanan ditempuh dari jalur pendakian Sembalun, membutuhkan waktu sekira 8 hingga 10 jam.

Danau Segara Anak berada pada ketinggian sekitar 2.010 m di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman sekira 230 meter.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mendaki ke Rinjani dari Sembalun Butuh Waktu 8 Jam, Bagaimana Jika Terjadi Longsor?.

(Penulis: Fitri Wulandari)

Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved