Bumi Selidah

Semarakan Hari Anak Nasional, TP-PKK Batola Gelar Gebyar PAUD

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018.

Semarakan Hari Anak Nasional, TP-PKK Batola Gelar Gebyar PAUD
Edi Nugroho
TP-PKK Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Gebyar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - TP-PKK Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Gebyar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung di Aula Selidah Kantor Bupati Batola, Rabu (25/07), ini berisi beragam lomba, di antaranya lomba mewarna gambar, membaca hapalan teks Pancasila, paduan suara, senam ceria, membuat alat permainan edukatif (APE), bunda PAUD kecamatan, dan lomba karikatur.

Ketua TP-PKK Batola, Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor mengatakan, anak-anak merupakan cikal bakal generasi penerus bangsa.

Karenanya di tangan merekalah nantinya arah masa depan bangsa akan ditentukan. Untuk itu, ia menyarankan, sebagai orangtua hendaknya mempersiapkan dan memberikan pembekalan sejak dini kepada anak dengan berupaya mengoptimalkan potensi dan kemampuan dasar anak.

Isteri Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor itu menerangkan, ada enam aspek potensi dasar anak-anak yang dapat dioptimalkan di antaranya moral dan nilai-nilai agama, bahasa, kognisi atau kecerdasan otak, sosial emosional, serta jasmani dan seni.

Upaya optimalisasi potensi anak tersebut, jelas Saras, dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode seperti bermain, mewarnai gambar, bercerita, gerak dan lagu, serta senam dan lain-lain yang dapat dikemas melalui kegiatan lomba.
Mengingat, lanjut dia, perlombaan sarana pembelajaran yang paling efektif untuk menarik minat dan merangsang anak dalam belajar sambil bermain.

“Karenanya saya menyambut baik diselenggarakannya kegiatan lomba untuk anak-anak PAUD maupun para pendidik dan guru PAUD,” katanya.

Khusus menyangkut senam ceria, Ketua TP-PKK Batola berharap, di samping untuk membantu pengembangan potensi anak juga bertujuan untuk melatih dan membiasakan anak agar gemar berolahraga yang bisa mewujudkan anak-anak sehat, cerdas, ceria dan berakhlak.

Sementara menyangkut lomba mewarnai gambar sangat baik untuk belajar mengenal anak terhadap warna, melatih kemampuan motorik khususnya antara kerja otak dan gerakan tangan, serta melatih peningkatan daya konsentrasi dalam mengerjakan tugas belajar sambil bermain.

Sedangkan lomba kreativitas yang dilaksanakan kepada para pendidik dan guru PAUD, menurut Saras, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman agar mampu membentengi anak didiknya terhadap masuknya pengaruh negatif dari budaya asing di tengah derasnya arus informasi. (aol/*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help