Berita Balangan

Dua Pelajar SMAN 1 Juai Ikuti Ajang Siswa Mengenal Nusantara

Siswa Balangan akan ikut kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN)/ Pertukaran Pelajar SMA/ SMK/ SMALB program BHUN tahun 2018.

Dua Pelajar SMAN 1 Juai Ikuti Ajang Siswa Mengenal Nusantara
istimewa
Dua siswa SMAN 1 Juai akan mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Banten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Kembali prestasi membanggakan sampai tingkat Nasional datang dari anak Balangan dalam kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN)/ Pertukaran Pelajar SMA/ SMK/ SMALB program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun 2018.

Mereka adalah yakni 1 orang pelajar SMKN 1 Batu Mandi kategori SMK atas nama Helmalia Putri dan 2 orang pelajar SMA atas nama Wahyudi dan Tria Vina Nadila yang keduanya berasal dari SMAN 1 Juai dengan kelas yang sama yakni 11 IPS 1 untuk kategori SMA,

Mereka akan bergabung bersama 23 orang siswa asal Kalimantan Selatan yang masuk seleksi dan berhak mengikuti kegiatan di tingkat Nasional.

Baca: Kagumi Kecantikan Nissa Sabyan? Ini Wajah Asli Penyanyi Bersuara Merdu Itu

Diketahui, kegiatan tahun ini merupakan program lanjutan Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2018.

Dikegiatan ini akan mengirimkan peserta (pertukaran atau kunjungan pelajar) antar Provinsi/ Daerah selama kurang lebih 1 minggu yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 18 Agustus 2018 ke Provinsi Banten, dimana Perum Bulog ditunjuk sebagai BUMN koordinator untuk kegiatan SMN di Kalimantan Selatan.

Baca: Tak Urus Paspor, Pekerja Migran Asal Kertakhanyar Dipulangkan KBRI Riyadh

Pelaksanaan seleksi tingkat Provinsi sendiri dilaksanakan pada Rabu sampai dengan Jumat tanggal 18 - 20 Juli 2018 di SLB-C Banjarbaru yang terdiri dari tes Administrasi, tes tertulis, pengumpulan Essay yang menceritakan tentang motivasi untuk mengikuti program siswa mengenal nusantara dan tes wawancara.

Erna Novitasari, selaku pembimbing dari SMAN 1 Juai mengatakan, sebelumnya kami di internal sekolah mengadakan seleksi terlebih dahulu dengan melihat kepribadian siswa, latar belakang keluarga, prestasi akademik maupun non akademik yang dibuktikan dengan sertifikat, dan yang paling penting aktif di kepengurusan organisasi sekolah baik Osis maupun Pramuka.

Baca: Diduga Ada Kelompok Antipancasila di Kotabaru, Kesbangpol Kalsel : Itu Sesat Ideologi

"Alhamdulillah walaupun sedikit memakan waktu dan tenaga tetapi hasilnya sangat membanggakan," ujarnya.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Juai, Norparidah mengatakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara ini membuktikan bahwa SMAN 1 Juai sudah bisa diperhitungkan baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Indosiar Timnas U-16 Indonesia vs Myanmar Piala AFF U-16 Selasa (31/7)

Karena diungkapkannya tahun 2015 SMAN 1 Juai juga bisa mengirim 1 siswa sampai tingkat Nasional yang dilaksanakan di Bangka Belitung, kemudian tahun 2017 juga berhasil sampai Nasional dimana kegiatan dilaksanakan di Kepulauan Riau.

"Dan tahun ini alhamdulillah SMAN 1 Juai kembali mengirim 2 orang siswa dan berhasil masuk nasional," tutupnya.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved