Berita Kabupaten Banjar

Pemasangan Pipa Air Baku Banjarbakula Atasi Kekeringan di Martapura Barat

Tujuannya adalah dengan adanya pembangunan intake Sungai Batang dan jaringan pipa untuk menanggulangi krisis air baku musim kemarau.

Pemasangan Pipa Air Baku Banjarbakula Atasi Kekeringan di Martapura Barat
Banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaili
Konsultasi masyarakat di Balai Desa Sungai Batang Kabupaten Banjar terkait pemasangan pipa air minum dengan instansi terkait. Selasa (31/7/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID — Pelaksanaan pekerjaan Detail Enginering Desain (DED) Intake Sungai Batang dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Spam Regional Banjarbakula (Phase II), sejumlah perangkat desa dan instansti terkait dikumpulkan di Balai Desa Sungai Batang, Selasa (31/7). Proyek itu diharapkan bisa mengatasi kekeringan di Martapura Barat.

Pada pertemuan itu sekaligus tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Satker Balai Wilayah Sungai Kalimantan II berkonsultasi dengan masyarakat.

Tujuannya adalah dengan adanya pembangunan intake Sungai Batang dan jaringan pipa untuk menanggulangi krisis air baku musim kemarau, sehingga kebutuhan masyarakat terhadap air baku terpenuhi. Sebagai upaya menanggulangi masalah masyarakat yang tidak tercukupinya kebutuhan air baku.

Baca: Kagumi Kecantikan Nissa Sabyan? Ini Wajah Asli Penyanyi Bersuara Merdu Itu

Camat Martapura Barat, Ahmad Rubani mengatakan, dengan dipasangnya pipa sepanjang enam kilometer ini bisa berjalan dengan baik. Tentunya bisa mendapatkan dukungan masyarakat, karena pemasangan pipa nantinya akan melalui lahan warga.

“Kegiatan hari ini hanya kegiatan perencanaan pemasangan pipa untuk penyediaan air baku sepanjang enam kilometer,” katanya.

Dia juga mengatakan, kalau pembangunan bisa dilaksanakan, maka akan memenuhi kebutuhan air bersih tidak hanya di Kecamatan Martapura Barat tetapi bisa di wilayah Kabupaten Banjar lainnnya, Banjarbaru dan Banjarmasin.

Sayangnya pada pertemuan itu tidak dihadiri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Banjar, Kepala Dinas PUPR, Hilman sudah mendisposisikan kepada Kepala Bidang SDA.

Baca: Viral Foto Nissa Sabyan Tanpa Make Up, Ini Profil Vokalis Sabyan Gambus, Ternyata Suka Aneh-aneh

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Hilman mengatakan, hasil perencanaan DED belum diketahui karena pihaknya tidak berhadir pada pertemuan konsultasi masyarakat di balai desa tersebut.

Tetapi menurutnya, kebutuhan air baku guna keperluan pengolahan di WTP oleh PDAM Intan Banjar atau PDAM Bandarmasih yang nantinya sebagai SPAM Regional Banjarbakula untuk menyediakan kebutuhan air minum atau air bersih bagi masyarakat di kawasan kota metropolitan Banjarbakula harus bisa dipenuhi 100 persen.

“Harapannya, dengan sudah tersedia DED nya, maka pekerjaan fisik bisa dianggarkan dan dilaksanakan tahun 2019 yang akan datang,” imbuhnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved