Berita Banjar

Air Irigasi Disurutkan, Warga Sungai Alang Ramai Cari Ikan

Puluhan orang nampak ramai bercebur di saluran irigasi Riam Kanan. Mereka menangkap ikan menggunakan berbagai cara

Air Irigasi Disurutkan, Warga Sungai Alang Ramai Cari Ikan
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
warga ramai-ramai tangkap ikan di irigasi Riam Kanan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kondisi saluran irigasi Riam Kanan yang kini mulai surut rupanya menjadi peruntungan bagi sejumlah masyarakat. Kondisi ini memberikan kesempatan warga untuk menangkap ikan disaat air surut.

Sebagaimana yang terlihat di kawasan Sungai Alang, Karang Intan, Rabu (1/8/2018). Puluhan orang nampak ramai bercebur di saluran irigasi tersebut. Mereka menangkap ikan menggunakan berbagai cara. Ada yang memanfaatkan jala, tombak ikan bahkan hanya menangkap biasa.

Tentunya bercebur di irigasi bukanlah keseharian masyarakat di tempat itu. Melainkan hanya ketika ada pengerjaan pengeringan dan pembersihan irigasi.

Dikatakan oleh seorang pencari ikan, Fahrani, ia dan warga lainnya hanya mencari ikan ketika kondisi air disaluran irigasi dalam keadaan surut. Itupun terjadi hanya tiga sampai empat bulan sekali. Khususnya ketika ada pengerjaan pembersihan irigasi.

Baca: Orangtua Murid di Kabupaten Banjar Resah Anaknya Diimunisasi MR

Baca: Wakil Indonesia Raih 1 Emas, 1 Perak dan 3 Perunggu Olimpiade Fisika Internasional 2018 di Lisabon

"Begini kondisinya kalau airnya tidak ada. Masyarakat ramai mencari ikan. Bahkan sejak pagi. Tapi kalau bercebur seperti ini bisanya cuma empat bulan sekali," cerita Fahrani.

Ia mengatakan ada banyak ikan di saluran irigasi yang luas itu. Bahkan bukan hanya di Sungai Alang, di sepanjang irigasi hingga ke Sungai Paring banyak warga yang juga mencari ikan seperti yang mereka lakukan.

Aktivitas puluhan warga yang mencari ikan di kawasan tersebut pun menjadi tontonan. Beberapa pengendara motor malah sengaja berhenti hanya untuk melihat para warga mencari ikan. Selain itu pedagang pentol pun juga ikut berhenti di kawasan itu. (banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help