Menguak Perceraian di Serambi Mekah

Bikin Nyaman Warga yang Berurusan Cerai, Ini Motto PA Kelas IB Martapura

Pihak Pengadilan Agama pun merubah kesan agar berurusan di kantor Jalan Perwira Martapura

Bikin Nyaman Warga yang Berurusan Cerai, Ini Motto PA Kelas IB Martapura
hasby
Panitera Pengadilan Agama Kelas IB Martapura, Mukhyar menunjukan ruang sidang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tingginya perkara perceraian di Kabupaten Banjar membuat tidak sedikit warga harus berurusan ke Pengadilan Agama Kelas IB Martapura.

Pihak Pengadilan Agama pun merubah kesan agar berurusan di kantor Jalan Perwira Martapura itu tidaklah menakutkan seperti yang dibayangkan.

Panitera di Pengadilan Agama Kelas IB Martapura, Mukhyar mengatakan, pihaknya terus melakukan inovasi-inovasi pelayanan. Tujuannya tentulah memberikan kenyamanan bagi warga yang berurusan.

Baca: Kolong Jembatan Jadi Rumah Indaman, Noorjanah Menangis saat Digusur Satpol PP

Pengadilan Agama Martapura Kelas IB di Jalan Perwira Martapura di lantai satu melayani pendaftaran perkara, ruang sidang, kasir, pengambilan akta cerai atau salinan putusan.

Mengusung motto Sejuk, Bersih, Modern, Merakyat, Cermat, Efisien, Ramah, Ikhlas, Akuntabel.

Selama 2017 adanya tuntutan sertifikasi maka melakukan inovasi, mini teater memberikan informasi sidang dan ada hiburan untuk menunggu sidang, serta ada wifi gratis serta ruang laktasi, ruang bermain anak.

Baca: Selain Perceraian, Kasus Poligami, Kawin Campur dan Asal Usul Anak Jadi Langganan PA Martapura

“Supaya masyarakat mengetahui, bahwa dalam berperkara di Pengadilan Agama tidak seperti yang dibayangkan atau menakutkan karena kami berusaha menunjukan humanisme,” katanya, Rabu (1/8).

Disebutkannya, ada ruang disabilitas dan jika berperkara tidak mempunyai uang cash maka bisa menggunakan kartu debet ATM, pihaknya bekerjasama dengan Bank Kalsel Syariah.

Pengadilan Agama juga mempunyai website yang bisa dengan mudah diakses. Hanya saja untuk perkara yang sifatnya privat tidak bisa diakses atau ada juga yang disamarkan.

Baca: Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu Melahirkan, Ternyata Selama Hamil Dia Senang Lakukan Ini

Standar operasional prosedur penerimaan perkara pengadilan tingkat pertama Pengadilan Agama Martapura jelas terpampang di papan pengumuman beserta estimasi waktu pelayanannya.

Pengadilan Agama Martapura sudah mendapat akreditasi Excellence pada November 2017. Semua pelayanan yang diberikan sudah ada standar, dan baru-baru tadi merupakan salah satu Pengadilan Agama yang ditunjuk oleh Mahkamah Agung dan Kemenpan untuk melaksanakan uji petik atau pelayanan kepada masyarakat. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help