Berita Kalteng

Demi Kebersihan Sungai dan Keindahan Desa, Kades Pulau Mambulau Basmi Jamban, Ini Hasilnya?

Kepala Desa (Kades) Pulau Mambulau, Alfiannor membuat terobosan dengan mulai merobohkan atau membasmi jamban

Demi Kebersihan Sungai dan Keindahan Desa, Kades Pulau Mambulau Basmi Jamban, Ini Hasilnya?
m fadli setia rahman
Kades Pulau Mambulau, Alfiannor (baju biru langit) bersama Camat Bataguh dan lainnya saat merobohkan jamban di Desa Pulau Mambulau, Kapuas, Kalteng 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KAPUAS - Demi kebersihan sungai di kawasan Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Kepala Desa (Kades) Pulau Mambulau, Alfiannor membuat terobosan dengan mulai merobohkan atau membasmi jamban yang ada di sungai di kawasan desanya.

Tentunya bukan perkara mudah untuk melakukan hal itu. Dimana jamban-jamban apung itu sudah lama ada dan menjadi tempat warga sekitar untuk buang air.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Real Madrid vs Man United ICC 2018 Live TVRI dan INews TV

"Demi kebersihan sungai dan keindahan desa, kami mencoba melakukan itu. Melakukan program penghapusan jamban di sungai secara perlahan," kata Alfiannor kepada Banjarmasinpost.co.id (BPost Online), kemarin.

Pertama, Kades melakukan pendekatan kepada warga dan akhirnya jamban di tiga lokasi di Desa Pulau Mambulau dirobohkan atas persetujuan warga.

Baca: Dari Tangan Anang Buaya, Petugas Temukan Sabu dan Uang Jutaan Rupiah

"Ada tiga titik yang kami robohkan kemarin, saya sangat mengapresiasi warga yang mendukung program penghapusan jamban ini, semoga ke depan desa ini bersih dari jamban," ungkap Kades.

Kebiasaan warga yang buang air di jamban jadi tantangan tersendiri. Mengubah kebiasaan demi kebersihan sungai menjadi tantangan sekaligus pemantik semangat melakukan program itu.

"Kami tak sekedar robohkan, tapi kami ganti dengan WC umum yang dibangun di darat," tandas Kades.

Baca: Bakal Ada 26 Titik Pasar Murah Telur di Kalsel, Kadisperindag: 2 Jam 1000 Biji Telur Ludes

Adapun tiga titik jamban yang dirobohkan adalah di kawasan jalur lintas masuk ke Desa Pulau Mambulau.

"Kami memang fokuskan ke lokasi yang biasa dilalui orang. Menjadikan bersih dan indah desa kami di jalan yang biasa dilalui orang kalau mau ke Desa Pulau Mambulau," pungkasnya seraya berharap ke depan secara perlahan tak ada lagi jamban di desanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly Setia)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help