Berita Kalteng

Pemprov Kalteng Libatkan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Cegah Kebakaran Lahan

Kebersamaan dalam mencegah kebakaran lahan tersebut sudah dituangkan dalam MoU yang ditandatangani oleh Gubernur Kalteng

Pemprov Kalteng Libatkan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Cegah Kebakaran Lahan
faturahman
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, saat berdialog dengan petugas pemadam kebakaran lahan dan hutan yang sudah dibentuk dan dipersiapkan dalam memadamkan kebakaran lahan di Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melibatkan pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk sama-sama mencegah kebakaran lahan.

Kebersamaan dalam mencegah kebakaran lahan tersebut sudah dituangkan dalam MoU yang ditandatangani oleh Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dan Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kalteng.

Persiapan dengan melakuka apel siaga dilakukan semua pihak karena Bulan Agustus 2018/sudah masuk musim kemarau dan perkiraan BMKG Kalteng, puncak kemarau akan terjadi Bulan September 2018 mendatang.

Baca: Biatang Gigit Bocah Anjir Muara Positif Buaya, BKSDA Kalsel: Ini Hasil Identifikasi Dokter Hewan

Meski dalam dua hari ini terjadi hujan cukup lebat, dan hingga Rabu (1/8/2018) belum ada tanda-tanda kabut asap meski kebakaran lahan terjadi di beberapa kabupaten dan kota, udara Kalteng masih terbilang sehat.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran meminta semua pihak waspada agar kebakaran lahan tidak terjadi dan jika ada kebakaran lahan segera memadamkannya atau menginformasikan kepada petugas.

Baca: Ombudsman RI Tiba di Balai Kota, Wali Kota Banjarmasin Malah Tidak Ada

"Jangan ada kebakaran lahan, jangan ada warga yang membakar lahan, karena akan kena sanksi, korporasi juga diminta serius dalam pencegahan kebakaran lahan, karena sanksinya hingga pencabutan izin jika tidak taat dengan ketentuan," ujar Sugianto.

Sementara itu, Ketua Gapki Kalteng, Dwi Darmawan, mengatakan, pihaknya sangat serius dalam upaya pencegahan kebakaran lahan di Kalteng sehingga siap dalam melakukan kerjasama untuk pencegahan kebakaran lahan bersama Pemprov Kalteng.

(www.banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved