Tajuk

Semangat Berubah

Lahirnya BPost yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah dan dinamika Banua, tak lepas dari jasa tiga pendirinya

Semangat Berubah
dokumen
Logo HUT ke-47 Banjarmasin Post. 

TEPAT hari ini, Kamis (2/8), Banjarmasin Post (BPost) genap berusia 47 tahun terhitung sejak terbit edisi perdananya pada 2 Agustus 1971. Ketika itu surat kabar harian (SKH) tertua di Kalimantan Selatan ini dicetak dalam 8 halaman ukuran tabloid.

Lahirnya BPost yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah dan dinamika Banua, tak lepas dari jasa tiga pendirinya, Drs Huzai Junus (HJ) Djok Mentaya (1939-1994), Drs H Yustan Aziddin (1933-1995) dan HG (P) Rusdi Effendi AR.

Sebab itulah, ziarah ke makam para pendiri oleh keluarga besar BPost Group sebagaimana yang dilakukan kemarin merupakan agenda wajib yang dirutinkan saban tahunnya, “Semangat berani berubah” yang diusung sebagai tema utama milad ke-47 BPost, menjadi ruh dan power spirit untuk menaklukkan terjangan gelombang era disruptif di zaman now dan berbagai tantangan multidimensi dinamika global.

Menangkap sinyal ancaman sekaligus tantangan itu, BPost melakukan berbagai inovasi dan perubahan di berbagai unit kerjanya. Semua itu agar BPost tetap mendapat tempat di hati masyarakat (banua).

Ibarat manusia, usia yang nyaris setengah abad tentulah tak lagi memiliki kondisi fisik yang prima dibanding waktu mudanya. Namun dengan semangat berani berubah, BPost terus melangkah optimistis ke depan di tengah tumbangnya satu per satu media cetak.

Semangat perubahan itu bahkan sudah berjalan sejak awal. Tiga tahun setelah edisi cetak perdananya, BPost membeli mesin cetak merek Heidelberg dan menjadi koran pertama di Kalimantan yang memiliki mesin cetak modern dan bukan handpress. Dalam perkembangannya pada 1995 BPost bergabung menjadi bagian dari Kompas Gramedia Group.

Empat tahun kemudian, pada Mei 1999 Bpost kembali tampil berubah terbit 24 halaman. Di tahun itu pula lahir ‘saudara adik’ Bpost, Metro Banjar yang eksis hingga sekarang berkat kepercayaan pembacanya.

Pada April 2011 Bpost meraih penghargaan dari WAN IFRA-World Association of Newspapers and News Publisher. Mendapat Gold Award sebagai perwajahan terbaik se-Asia dan berbagai penghargaan nasional.

Prestasi itu tak membuat semangat berubah, mengendur. BPost bahkan sejak 2008 sudah mulai meluncurkan media online banjarmasinpost.co.id. Disusul pemantapan multi platform dengan produk selain cetak dan online juga video dan live FB yang menjadi sajian varian menu produk BPost. Semua itu demi memenuhi apa yang menjadi harapan dan permintaan masyarakat.

Pada kenyataannya, BPost panjang umur berkat kepercayaan dan dukungan masyarakat Banua. Sebab itu tidaklah berlebihan jika Pemimpin Umum BPost Group, HG (P) Rusdi Effendi AR, dalam momen acara syukuran dan salat hajat HUT ke-47 BPost dipimpin KH Husin Naparin, Rabu (1/8) kemarin, menyatakan BPost ini bisa panjang umur berkat dukungan Pian-pian barataan masyarakat Banua. Semoga BPost bisa memberikan yang terbaik untuk Banua. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved