Berita Tanahbumbu

37 Pelajar Tanbu Jalani Diklat Paskibraka

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-73 di 2018 ini mulai menjalani Diklat.

37 Pelajar Tanbu Jalani Diklat Paskibraka
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 73 di 2018 ini mulai menjalani pendidikan dan pelatihan (Diklat).

Ada sebanyak 37 orang yang berstatus pelajar yang sudah diseleksi se Kabupaten Tanahbumbu. Mereka sudah dilatih sejak Kamis kemarin hingga nanti menjelang hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang. Materi yamg diberikan mulai dari baris-berbaris hingga kedisipilinan.

Pembina Paskibra Angkatan 15, Ratna Juwita, dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanahbumbu, mengatakan peserta Diklat merupakan pelajar terbaik di sekolahnya masing-masing yang lolos seleksi Paskibraka. Mereka telah melalui proses sejak April lalubhingga masuk dalam daftar pengibar bendera untuk Kabupaten Tanahbumbu.

Baca: Tak Lolos Tes Bintara, Sejumlah Pemuda Menangis

Menurutnya, Diklat ini sangat penting dilaksanakan untuk membentuk karakter Paskibra yang tangguh, disiplin, dan cinta tanah air. Pelaksanannya selama 18 hari sejak 1 hingga 18 Agustus mendatang.

"Selama dua pekan mereka akan menerima materi Diklat seperti baris berbaris formasi paskibra, wawasan keagamaan, pembinaan fisik dan mental, disiplin, dan pembentukan karakter cinta NKRI," katanya.

Tujuan dari dilaksanakanya Diklat Paskibra ini adalah untuk menanamkan nilai luhur proklamasi kemerdekaan RI dan cinta tanah air. Selain itu, sebagai persiapan melaksanakan pengibaran bendera pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 73 di Kabupaten Tanahbumbu.

Baca: Jalan Kasturi Wakili Kalsel Dalam Program Kampung Iklim, Ini Penampakannya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanahbumbu, Hamaluddin Tahir membuka Diklat Paskibraka Angkatan ke 15. Dimana pembukaan Diklat Paskibraka ditandai dengan penyerahan atribut kepada peserta Diklat pada 1 Agustus kemaren.

Hamaluddin mengajak peserta Diklat Paskibra untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan tersebut. Tujuannya tidk lain agar pelaksanaan pengibaran bendera pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 di Tanbu terlaksana dengan baik dan lancar.

Baca: Gadis Cantik Berprestasi Ini Akan Temani Para Siswa Berlayar Dengan KRI Dewaruci, Tertarik?

Adapun peserta Diklat Paskibraka angkatan ke 15 Tahun 2018 sebanyak 37 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 17 perempuan. Sedangkan para pelatih berasal dari Kodim 1022 Tanah Bumbu sebanyak 2 orang dan Polres Tanbu sebanyak 2 orang. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help