Berita Tanahbumbu

4 Kelompok Nelayan Transmigran Angsana Dilatih Budidaya Rumput Laut

Sebanyak 4 kelompok Nelayan di wilayah Transmigrasi Nelayan di Desa Angsana Kabupaten Tanahbumbu dilatih budidaya rumput laut.

4 Kelompok Nelayan Transmigran Angsana Dilatih Budidaya Rumput Laut
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Sebanyak 4 kelompok Nelayan di wilayah Transmigrasi Nelayan di Desa Angsana Kabupaten Tanahbumbu mendapatkan pelatiham budidaya rumput laut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN – Ada sebanyak 4 kelompok Nelayan di wilayah Transmigrasi Nelayan di Desa Angsana Kabupaten Tanahbumbu mendapatkan pelatiham budidaya rumput laut.

Pelatihan itu digelar Pemerintah Kabupaten Tanahumbu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop dan UM). Mereka dilatih agar tidak hanya sebatas nelayan saja tapi punya penghasilan tambahan.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga kali. Pelatihan pertama dimulai dari 1 Agustus lalu. Selanjutnya dijadwalkan pada 7 dan 8 Agustus 2018. Peserta pelatihan semuanya dari warga Transmigran Nelayan yang bermukim di Pinggir Pantai Angsana, Kecamatan Angsana.

Menurut Sekretaris Desa, Sayyid Firdaus menyambut baik dengan dilaksanakanya pelatihan budidaya rumput laut. Adanya kegiatan itu memberikan manfaat krpada warganya guna meningkatkan perekonomian transmigran nelayan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Link Live Streaming Thailand vs Singapura Piala AFF U-16 2018 di PSSI TV

Melalui pelatihan ini pula, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja tambahan bagi warga Transmigrasi Nelayan Angsana disamping pekerjaan utama mereka sebagai Nelayan.

"Harapannya bisa agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Transmigrasi Nelayan di Desa Angsana. Tentu ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat nelayan," katanya.

Sementara itu, Kepala Disnakertranskop dan UM, Suhartoyo, melalui Kepala Bidang Transmigrasi, Suria Sudarma, Jumat (3/8/18) mengatakan peserta pelatihan sebanyak 10 orang. Mereka itu merupakan perwakilan dari 4 Kelompok Nelayan di Pemukiman Transmigrasi Nelayan Angsana.

"Kami berharap melalui pelatihan ini, para transmigran nelayan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya tentang cara membudidayakan rumput laut," katanya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Real Madrid vs Juventus Live TVRI & INews TV di ICC 2018, Ronaldo Main?

Setelah itu, materibyangbtelah diterima diharapkan bisa diterapkan dan mengembangkannya sehingga bernilai ekonomis bagi keluarga trans nelayan. Pelatihan itu akan membantu para warga agar bisa melakukan usaha budidaya rumput laut.

Suria Sudarma juga meminta agar peserta yang mengikuti pelatihan tersebut benar-benar serius mengikuti pelatihan tersebut. Tujuannya agar dapat meneruskan pengetahuannya ke anggota kelompok lain karena rumput laut ini mempunyai prospek yang bagus untuk pemasaran. Terkait pemasaran, tidak perlu khawatir karena di Kabupaten Tanahbumbu ini telah dibangun Pabrik Pengolahan Rumput Laut PT Algae Persada di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpangempat Tanbu. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved