Berita Regional

BREAKING NEWS: Dua Tersangka Dana Hibah Dijebloskan ke Tahanan

Setelah menjalani proses pemeriksaan, tak lama setelah diperiksa kondisi kesehatannya dan diberi rompi tahanan berwarma merah,

BREAKING NEWS: Dua Tersangka Dana Hibah Dijebloskan ke Tahanan
surya/sudharma adi
Sugiarto dan Ita Poeri Andayani memakai rompi tahanan Kejati Jatim, Kamis malam (2/8/2018). 

BANJARMASINPOPST.CO.ID - Dua tersangka baru kasus dugaan korupsi dana bansos/hibah 2015 Pemkab Jember akhirnya ditahan jaksa, Kamis malam (2/8/2018).

Kedua tersangka baru itu mantan Sekkab Jember Sugiarto dan mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Pemkab Jember, Ita Poeri Andayani.

Baca: Siap-siap Denda Rp 750 Ribu Jika Kalian Nekat Lakukan Aksi Ini

Setelah menjalani proses pemeriksaan, tak lama setelah diperiksa kondisi kesehatannya dan diberi rompi tahanan berwarma merah, keduanya dijebloskan ke Rutan Kelas 1 Surabaya di Kejati Jatim pada Kamis (2/8/2018) malam.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim, Didik Farkhan menjelaskan, penetapan dua tersangka baru ini adalah pengembangan kasus dana bansos/hibah Jember 2015.

Baca: Ziarahi Makam Anaknya, Ini Curhatan Aming untuk Mantan Istrinya

Sebelumnya, penyidik telah menetapkan Ketua DPRD Jember periode 2014-2019, Thoif Zamroni, sebagai tersangka dan saat ini masih proses persidangan.

“Untuk saat ini, dari hasil pengembangan, memang baru dua orang ini jadi tersangka,” ujarnya, Kamis (2/8/2018) malam.

Adapun peran kedua tersangka dalam kasus ini adalah mengetahui bahwa dana itu tak dapat dicairkan. Namun, dengan merekayasa dana sehingga dapat cair, maka dana itu diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang tak memenuhi syarat untuk mendapat dana bansos itu.

Baca: Dapat Pesan Khusus dari Ahok Hingga Dipercaya SBY Nyanyikan Lagu, Inilah Gadis Beruntung Itu

Dengan begitu, maka kerugian negara mencapai Rp 1,045 miliar dari kelompok masyarakat yang dibawa terdakwa Thoif Zamroni.

“Pencairan dana bansos ini tak sesuai prosedur, di mana DPRD menekan untuk memasukkan dana dalam pembahasan, sehingga kedua tersangka ini merekayasa proses pencairan dana,” katanya.

Baca: Sebulan Penuh Temani Anaknya di Singapura, Denada Kembali Bekerja di Jakarta

Setelah ditetapkan tersangka, keduanya dijerat Pasal 2 dan 3 UU Tipikor. Selain mereka, penyidik masih terus mengembangkan kasus dan tak menutup kemungkinan ada tambahan tersangka baru.

“Yang dari legislatif dan eksekutif sudah. Bisa jadi ini akan bertambah,” pungkasnya. 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul BREAKING NEWS - Jaksa Tahan Dua Mantan Pejabat Pemkab Jember terkait Kasus Korupsi Malam ini

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Surya Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved