Berita Banjar

Di Tempat ini, Lentera Jadi Benda Wajib untuk Seserahan Pengantin

Dibalik kemeriahan 100 unit bentor saat acara bahantaran atau seserahan pernikahan, ada benda yang rupanya menjadi tradisi keluarga tersebut.

Di Tempat ini, Lentera Jadi Benda Wajib untuk Seserahan Pengantin
istimewa
Seorang perempuan di dalam bentor terlihat membawa lentera untuk satu syarat benda seserahan yang merupakan tradisi di Kecamatan Cintapuri, Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dibalik kemeriahan 100 unit bentor yang menghantarkan acara bahantaran atau seserahan pernikahan putra Ketua DPRD Kabupaten Banjar, H Rusli, ada benda yang rupanya menjadi tradisi keluarga tersebut.

Yakni satu lentera menyala yang apinya selalu di jaga. Bahkan lentera yang memiliki pelindung kaca dijaga oleh dua orang.

Pembawa lentera tersebut ialah keluarga dari mempelai lelaki, Mardiah. Ia mengatakan lentera atau yang disebut pelitaan dalam bahasa banjar, merupakan benda wajib saat seserahan. Benda itu diserahkan kepada mempelai wanita sebagai simbol penerangan.

Baca: Korban Perampokan Sarang Burung Walet di Angsau Belum Lapor Polisi, Ini Alasannya

"Ini merupakan tradisi masyarakat Cintapuri (satu kecamatan di Kabupaten Banjar). Jadi setiap kali behantaran, harus ada pelitaan yang diserahkan," ucapnya, pada acara seserahan yang berlangsung di Pesayangan, Martapura, Jumat (3/8/2018) itu.

Mardiah mengatakan keberataan lentera merupakan simbol cahaya atau penerang bagi calon pengantin. Sehingga ketika berumah tangga nantinya, jalannya pernikahan mereka akan selalu mendapatkan penerangan.

Baca: Link Pengumuman SPMB STAN 2018 Program D-I dan Pembatalan Kelulusan, Klik di Sini pknstan.ac.id

Ia juga turut serta berada di dalam bentor ketika menghantarkan barang-barang seserahan. Dimana seratus bentor itu datang dari rumah mempelai lelaki di Jalan Menteri Empat, Martapura yang kemudian bersama keluarga dan masyarakat berangkat menuju rumah mempelai perempuan di Pesayangan.

Baca: Susunan Pemain Bhayangkara FC vs PSMS Medan Liga 1 2018 - Siaran Langsung (Live) O Channel

Karena bukan hal biasa keberadaan 100 bentor beiringan di jalan raya, acara behantaran itu pun menjadi perhatian masyarakat. Tidak sedikit warga yang turut mendokumentasikan moment tersebut. Bahkan sebagian warga pun terdengar membicarakan meriahnya acar hantaran itu.

(banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help